Breaking News:

Ramadan 2020

Malam Nuzulul Quran, MUI: Di Masa Pandemi, Dekatkan Diri kepada Al Quran

Malam Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadan 1441 H, yang kali ini jatuh pada tanggal 9 Mei 2020.

Tribunnews.com/Larasati Dyah Utami
Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (Sekjen MUI), Anwar Abbas saat ditemui di Kantor Pusat MUI. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Malam ini merupakan momen Nuzulul Quran, yakni peringatan peristiwa turunnya Al Quran pertama kali ke bumi yang disampaikan Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

Malam Nuzulul Quran jatuh pada tanggal 17 Ramadan 1441 H, yang kali ini jatuh pada tanggal 9 Mei 2020.

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan Al Quran merupakan petunjuk bagi umat manusia yang bertakwa.

"Petunjuk Tuhan itu kalau dilaksanakan akan baik untuk kita. Tapi kalau petunjuk itu tidak kita perhatikan akan membawa bencana bagi kita," ujar Anwar saat dihubungi, Sabtu (9/5/2020).

Baca: Polisi Awasi Ketat Warga Berpergian ke Luar Daerah

Baca: Ferdian Paleka Jadi Korban Bullying di Sel, Ini Upaya Polisi Melindunginya dari Tahanan Lain

Anwar mengatakan di masa pandemi corona ini, masyarakat sebaiknya mendekatkan diri kepada Al Quran. Terutama mengikuti tuntutan yang terdapat dalam Al Quran dalam menghadapi pandemi virus corona.

"Di dalam masa pandemi harus mendekatkan diri kepada Al Quran. Mempelajarinya dan mengambil nilai-nilai yang ada di dalamnya untuk diimplementasikan di dalam kehidupan kita terutama dalam menghadapi Covid-19," ucap Anwar.

Terkait pandemi virus corona, Anwar mengungkapkan bahwa Al-Quran memberikan petunjuk agar manusia menjauhi diri dari kebinasaan.

Menurutnya, menjauhkan diri dari kebinasaan adalah sama dengan menghindari penyebaran virus corona yang dapat membayakan jiwa.

"Salah satu ayat yang harus diperhatikan jangan kamu biarkan dirimu jatuh dalam ke lembah kebinasaan. Jadi wajib hukum bagi kita hukumnya untuk menghindari dari sesuatu yang membahayakan kita dan orang lain," pungkas Anwar.

Punya pertanyaan seputar Islam dan Ramadhan? Anda dapat bertanya dan berkonsultasi langsung ke Konsultasi Islami oleh Ust. Zul Ashfi, S.S.I, Lc

Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@tribunnews.com

Untuk lebih lanjut kunjung Rubrik Konsultasi Islami Tribunnews.com

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved