Breaking News:

Merapi Meletus

Endapan Lahar Merapi Mencapai 16 Kilometer

Endapan lahar Gunung Merapi berjarak 16 kilometer dari puncak gunung.

zoom-inlihat foto Endapan Lahar Merapi Mencapai 16 Kilometer
TRIBUNNEWS.COM/THERESIA ANDAYANI
Kali Code meluap akibat aliran lahar dingin dan materian vulkanik Merapi, Sabtu (6/11/2010).
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Adi Suhendi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Berdasarkan hasil pemantauaan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Rabu (10/11/2010), endapan lahar Gunung Merapi berjarak 16 kilometer dari puncak gunung.

Secara umum, endapan lahar telah teramati di semua sungai yang berhulu di puncak Gunung Merapi dari arah Tenggara, Selatan, Barat Daya, Barat dan Barat Laut meliputi, Kali Woro, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Sat, Lamat, Senowo, Trising, dan Apu.

Endapan lahar di Kali Boyong di Dusun Kandangan Desa Purwobinangun, Kabupaten Sleman, berjarak 16 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Lahar juga dijumpai di alur Kali Batang yang berjarak 10 km dari puncak Gunung Merapi. Endapan awan panas pun terlihat di Kali Gendol dengan jarak 3,5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Berdasarkan hasil pemantauan instrumental dan visual pada 10 November 2010 dari pukul 00.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB menunjukkan aktivitas Gunung Merapi masih tinggi. Dengan kondisi tersebut, maka status aktivitas Gunung Merapi masih tetap pada tingkat Awas (level 4). Ancaman bahaya G Merapi dapat berupa awan panas dan lahar.(*)

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Juang Naibaho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved