Breaking News:

Tahanan Korupsi Lantik 28 Pejabat Eselon III di Rutan Cipinang

Sehari usai dilantik menjadi Walikota Tomohon, Jefferson SM Rumajar gantian melantik 28 pejabat eselon III Pemkot Tomohon

zoom-inlihat foto Tahanan Korupsi Lantik 28 Pejabat Eselon III di Rutan Cipinang
TRIBUNNEWS.COM/DOK
Walikota Tomohon, Jefferson Rumajar
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sehari usai dilantik menjadi Walikota Tomohon, Jefferson Soleiman Montesqieu Rumajar gantian melantik 28 pejabat eselon III Pemkot Tomohon. Pelantikan dilakukan di Rutan Cipinang, Jakarta, Sabtu (8/1/2011).

Menurut Kepala Rutan Cipinang Edi Kurniadi, dalam acara itu, Jefferson yang resmi berstatus terdakwa korupsi menyerahkan jabatannya kepada wakilnya, Jimmy Erman, sebagai pelaksana tugas (Plt) walikota.

"Itu syukuran sama pembacaan tugas-tugas pejabat Pemerintahan Kota Tomohon. Karena dia ditahan, maka semua tugasnya diserahkan ke wakilnya," ujar Edi saat menghubungi Tribunnews.com.

Sebagai diberitakan salah satu televisi nasional, Jefferson  sebagai tahanan KPK bisa melantik 28 pejabat eselon III di balik tahanan.

Sebagaimana lazimnya pelantikan, Jefferson sebagai terdakwa korupsi membacakan butir-butir sumpah jabatan pejabat negara kepada pejabat baru tersebut, termasuk tidak akan korupsi.
"Bahwa saya tidak akan menerima hadiah atau suatu pemberian berupa apa saja dan dari siapapun juga, yang saya tahu atau patut dapat mengira, bahwa ia mempunyai hal yang bersangkutan atau mungkin bersangkutan dengan jabatan atau pekerjaan saya," kata Jefferson diikuti 28 pejabat yang dilantiknya.

Jefferson adalah tahanan KPK yang kini tengah menjalani sidang di Pengadilan tipikor Jakarta. Dia didakwa melakukan tindak pidana korupsi berupa penyalahgunaan APBD Kotamadya Tomohon pada tahun 2006-2008 yang merugikan keuangan negara hingga Rp33,4 miliar.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Jefferson menggunakan Pasal 2 Ayat 1 subsider Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Jefferson selaku wali kota periode 2005-2010 telah memerintahkan stafnya untuk melakukan penarikan tunai dana APBD tahun anggaran 2006-2008.

Penulis: Abdul Qodir
Editor: Yulis Sulistyawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved