Breaking News:

PLN Nunukan: Voucher Listrik Bisa Dibeli di Penjual Pulsa

PLN Ranting Nunukan secara bertahap akan mengganti seluruh meteran dengan meteran listrik pra bayar.

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Niko Ruru
TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - PLN Ranting Nunukan secara bertahap akan mengganti seluruh meteran dengan meteran listrik pra bayar. Nantinya warga cukup membeli voucher yang bisa digunakan sesuai dengan nominal yang terisi di voucher.

“Nanti vouchernya dijual di mana-mana. Di tempat penjual handphone juga dijual,” kata Manajer PLN Ranting Nunukan Suyatmanto.

Ia mengatakan, untuk isi ulang setiap pelanggan harus memiliki kartu kendali listrik prabayar. Setiap meteran mendapatkan kartu dengan nomor yang sama.

“Jadi kalau misalnya dia beli voucher kemudian struknya jatuh, itu tidak bisa digunakan orang lain. Ini angkanya 20 digit kita masukkan, dan itu berbeda-beda. Dayanya juga tidak sama, jadi voucher orang lain tidak bisa digunakan,” ujarnya.

Dengan menggunakan voucher, penggunaan listrik bisa terbaca. Sehingga masyarakat bisa mengukur berapa kemampuan voucher yang digunakannya.

“Misalnya selama 9 jam berapa kilowatt hours yang dia gunakan. Secara otomatis ini bisa terbaca. Atau misalnya dia berangkat tiga bulan, cukup beli voucher saja lalu rumah ditinggal. Jadi tidak ada pemutusan seperti sekarang ini kan, kalau tidak bayar sambungannya langsung diputus. Kalau ini otomatis dia tidak nyala kalau vouchernya habis,” ujarnya.

Sejauh ini di Nunukan baru 20 pelanggan yang telah menggunakan meteran pra bayar. Dalam waktu dekat 500 pelanggan baru akan tersambung dengan menggunakan meteran pra bayar.

“Nanti di seluruh Nunukan secara bertahap akan kita lakukan penggantian,” ujarnya.

Bupati Nunukan Basri meminta agar pihak PLN Ranting Nunukan melakukan sosialisasi terhadap kebijakan penggunaan meteran pra bayar ini. “Syukur-syukurlah pertama sudah bisa 500 terpasang. Masyarakat kita sudah terbiasa menggunakan yang lama, makanya wajib sosialisasi, diberitahukan kepada masyarakat. Jangan cuma dilihat mati hidupnya lampu saja, kami support supaya bapak semakin semangat di sini," katanya. (*)

Berita Populer
Editor: Harismanto
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved