Adik Prabowo Desak Bupati Mojokerto Hentikan Pembangunan Pabrik Baja

“Nah, karena peninggalan itu sangat potensial dikembangkan pada masa depan untuk ekskavasi atau penggalian (situs atau cagar budaya),” tegasnya

Editor: Yoni Iskandar
zoom-inlihat foto Adik Prabowo Desak Bupati Mojokerto Hentikan Pembangunan Pabrik Baja
TRIBUN JOGJA/ Ade Rizal
Hashim Hashim Djojohadikusumo,

Laporan Wartawan Surya,Mujib Anwar

TRIBUNNEWS.COM,SURABAYA – Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI) Pusat minta Bupati Mojokerto Mustafa Kamal Pasa menghentikan pembangunan pabrik baja PT Manunggal Sentral Baja (MSB) di Trowulan. Desakan tersebut disampaikan Chairman of  Board of Trustess BPPI Hashim Djojohadikusumo.

Menurut Hashim, Bupati Mojokerto harus menghentikan pembangunan pabrik baja untuk menyelamatkan situs Trowulan, karena di bawah lokasi pabrik tersebut diduga ada bekas peninggalan Kerajaan Majapahit berupa dasar atau pondasi bangunan istana kerajaan terbesar di Nusantara itu.

“Nah, karena peninggalan itu sangat potensial dikembangkan pada masa depan untuk ekskavasi  atau penggalian (situs atau cagar budaya),” tegasnya, kepada Surya(Tribunnews.com Network), Jumat (18/10/2013) di ruang tunggu VIP Bandara Juanda, Surabaya.

Selain itu, pembangunan pabrik baja oleh PT MSB harus dihentikan, karena keberadan pabrik baja itu kemungkinan melanggar Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, khususnya pasal 31 ayat 5. Intinya, yang harus dilindungi tidak hanya benda, tapi juga situs dan kawasannya.

“Makanya kalau tidak ditemukan benda-benda budaya, itu tidak penting. Selama areanya masih masuk dalam kawasan cagar budaya, tetap harus dilindungi. Dan khusus situs di Trowulan, kawasan cagar budaya yang diusulkan ke pemerintah pusat mencapai 115 kilometer persegi,” tukas Anggota DPR RI Hery Achmadi.

Jika permintaan penghentian pembangunan pabrik baja PT MSB tak digubris, pihaknya, kata Hashim akan menggugat Bupati Mojokerto ke ranah hukum.

“Gugatannya kemungkinan tindak pidana,” tandas adik kandung Ketua Dewan Pembina DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto ini.

Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved