Pelesiran ke Negara ASEAN Kini Tidak perlu Visa

Warga negara ASEAN kini bisa melenggang masuk ke negara-negara di Asia Tenggara tersebut tanpa visa.

Pelesiran ke Negara ASEAN Kini Tidak perlu Visa
google maps/repro/wid
ASEAN MAP 

Laporan Wartawan Tribun Jateng Dini Suciatiningrum

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Warga negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN kini bisa melenggang  masuk ke negara-negara di Asia Tenggara tersebut tanpa visa.

Kepala Seksi Informatika dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kelas I Semarang, Muhammad Asrofah memaparkan sesuai perjanjian Internasional negara-negara ASEAN yakni Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja bebas visa.  

Myanmar baru bergabung tahun ini untuk kesepakatan tersebut.

Visa merupakan dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara untuk memberikan seseorang izin masuk ke negara tersebut dalam suatu periode waktu dan tujuan tertentu.

Dengan pemberlakuan itu, maka orang yang bepergian ke negara-negara tersebut cukup pakai paspor tanpa visa.

Otomatis lebih murah mudah dan praktis. Karena untuk pengurusan visa butuh waktu beberapa hari, tergantung persetujuan dari negara yang akan dituju.

"Diharapkan ada asas  timbal balik dan manfaat di negara-negara ASEAN," kata Asrofah pada Tribun Jateng, Jumat (21/2/2014).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu dua hari lalu menyatakan, dengan bergabungnya Myanmar dalam perjanjian itu maka semua warga negara ASEAN bisa jalan-jalan di seluruh ASEAN tanpa visa.

Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved