PT KAI Tambah Jadwal Perjalanan KA Pandanwangi

"Penambahan jadwal memang untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang sering bepergian dari Jember ke Banyuwangi dan sebaliknya," ucapnya

Editor: Yoni Iskandar
article.wn.com
Kereta Api Menoreh 

TRIBUNNEWS.COM,JEMBER - Mulai Bulan Juni ini, PT KAI banyak melakukan perubahan jadwal keberangkatan kereta.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daops IX Jember menambah jadwal perjalanan Kereta Api (KA) Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.

Jika sebelumnya KA Pandanwangi hanya melakukan satu kali perjalanan pulang pergi, maka per 1 Juni 2014 KA Pandawangi akan melakukan dua kali perjalanan pulang pergi.

Sugeng Turnianto, Humas PT KAI Daops IX mengatakan, penambahan jadwal perjalanan ini untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang  membutuhkan jasa angkutan yang aman dan nyaman.

"Penambahan jadwal memang untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang sering bepergian dari Jember ke Banyuwangi dan sebaliknya," ucapnya, Senin (2/6/2014).

Meski menambah jadwal perjalanan, PT KAI DAOPS IX tidak akan menaikkan tiket. Harga tiket jauh dekat tetap dipatok Rp 4000 dan tiket bisa dipesan 30 hari sebelum hari pemberangkatan.

KA Pandawangi akan memulai perjalanannya dari Jember pada pukul 05.10 WIB dan tiba di Banyuwangi pada pukul 08.37 WIB.

Selanjutnya, kereta api dengan empat rangkaian gerbong penumpang ini akan kembali berangkat dari Stasiun Banyuwangi Baru pukul 10.00 WIB dan akan tiba di Stasiun Jember pukul 13.09 WIB.

"Penambahan jadwal perjalanan baru mulai pada siang hari, yakni dari Jember berangkat pukul 14.35 dan sampai Banyuwangi pukul 17.54. Lalu berangkat kembali dari Banyuwangi pukul 19.00 WIB dan tiba di Jember pukul 21.56," papar Sugeng.

Menurut Sugeng, sejauh ini jumlah penumpang KA Pandanwangi rata-rata mencapai 90 persen lebih dari jumlah kapasitas yang mencapai 424 penumpang.

"Perjalanan pada tanggal 1 Juni pada jawal tambahan penumpang mencapai 80 persen. Jadi kami optimistis penumpang akan banyak, apalagi harga tiket yang murah hanya empat ribu rupiah, bandingkan dengan bus," kata Sugeng.

Adanya jadwal baru ini disambut gembira penumpang kereta api. Mereka kini punya pilihan jadwal untuk naik kereta api menuju Jember atau Banyuwangi.

Pemilihan kereta api sebagai moda perjalanan karena dirasa lebih aman dan nyaman disamping harga tiket yang jauh lebih murah ketimbang bus. Sebagai informasi, tarif tiket bus Jember-Banyuwangi adalah Rp 28.000.

"Dulu lepas pukul sepuluh siang siang kalau mau balik ke Banyuwangi harus ngebis yang mahal harganya. Tapi sekarang bisa naik kereta lagi karena ada jadwal pukul setengah tiga," kata Wawan Priyanto, wiraswasta yang kerap bolak-balik Jember-Banyuwangi.

Sumber: Surya
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved