SMAN 1 Baregbeg Ciamis Kekurangan Siswa

Meski DSP dan SPP sudah digratiskan ternyata jumlah peminat tidak meningkat signifikan.

SMAN 1 Baregbeg Ciamis Kekurangan Siswa
TRIBUN TIMUR/SANOVRA JR/NOVRA
ILUSTRASI

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS- Meski DSP dan SPP sudah digratiskan ternyata jumlah peminat tidak meningkat signifikan.

Hal ini terjadi di SMAN 1 Baregbeg yang merupakan satu-satunya SMA Negeri di Kabupaten Ciamis yang membebaskan siswanya dari kewajiban membayar dana sumbangan pendidikan (DSP) dan SPP.  Malah jumlah siswa barunya dalam dua tahun terakhir cenderung menurun.

"Waktu penerimaan siswa baru tahun 2013, kami dapat siswa baru sebanyak 200 orang. Tapi waktu penerimaan siswa baru kemarin, hanya ada 160 orang siswa baru,. Ada pengurangan disbanding tahun sebelumnya," ujar Wawan Setiawan S.Pd, Kepala SMAN 1 Baregbeg kepada Tribun  Kamis (28/8/2014).

Anjloknya calon siswa baru yang masuk di SMAN 1 Baregbeg ini diduga menurut Wawan karena sebagian besar calon siswa sudah tertampung di tiga SMA Negeri yang berada di kawasan Ciamis Kota.

"Orang Baregbeg sendiri kebanyakan sekolah SMA-nya ke kota," katanya.

Saat ini jumlah siswa SMAN  1 Baregbeg (salah satu dari 18 SMA negeri yang ada di Kabupaten Ciamis) sebanyak 490 orang. Termasuk didalamnya 160 orang siswa baru yang kini duduk di kelas X. Ke-160 siswa baru tersebut dibagi atas 7 rombongan belajar (7 kelas) dengan jumlah siswa tiap rombel 23 orang. (sta)

Tags
Ciamis
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved