Arus Balik Lebaran 2015

Hari Ini Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya

Tercatat 54.229 penumpang di Terminal Purabaya datang dari berbagai daerah.

Hari Ini Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya
Surya/ Wiwit Purwanto
Terminal Purabaya alias Terminal Bungurasih di Sidoarjo, Jawa Timur. 

Laporan Wartawan Surya, Mohammad Rizal Ghurobi

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Puncak arus balik lebaran 2015, terlihat di Terminal Purabaya tercatat 54.229 penumpang datang dari berbagai daerah hingga Selasa (21/7/2015).

54.229 penumpang itu tercatat mengunakan 1.144 bus, dengan rata-rata per bus membawa 55 penumpang.

Selain itu, angka keberangkatan juga masih tinggi, tercatat 31274 penumpang dengan 816 bus melakukan keberangkatan, dengan rata-rata perbus dinaiki 38 penumpang

Menurut, Kepala UPTD Terminal Purabaya, May Ronald, yang ditemui di Pos Informasi di Terminal Purabaya, selain menjadi tempat tujuan akhir, terminal ini juga menjadi tempat transit menuju daerah lain.

"Angka keberangkatan juga tinggi, karena banyak yang cuman transit, seperti dari Joga-Solo yang mau ke Jember-Banyuwangi turun sini untuk lanjut ke kota mereka, makanya lewat sini dulu," ujarnya.

Diperkirakan, puncak arus balik ini akan terjadi hingga menjelang malam hari, sehingga petugas yang ada akan dikonsentrasikan di kedatangan bus antar kota.

"Ini nanti sampai malam, angka 80 ribu sampai 100 ribu bisa terjadi. Tapi mulai besok akan turun di angka 40 ribu-50 ribu, dan akan tetep terjadi arus balik, tapi puncaknya hari ini," ujarnya.

Angka itu, naik kurang lebih 10 ribu penumpang setiap dua jam sekali.

Sementara itu, dari data yang dihimpun dari posko pantauan arus mudik di Kantor Dinas Perhubungan Surabaya, pada H+2 kemarin, terjadi penurunan kedatangan penumpang dibanding tahun lalu sebesar -10.29% pada Terminal Purabaya.

Sedangkan padaTerminal Tambak Osowilangun, juga terjadi penurunan penumpang sebanyak -9.69%, dan -4.8 % penurunan pada bus yang datang dibanding tahun 2014.

Sehingga total terjadi penurunan sebanyak -3.53% pada kedatangan bus dan pada penumpang sebesar -10.20% di kedua terminal itu.(*)

Editor: Mohamad Yoenus
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved