HUT ke 70 RI

Beginilah Cara Penyandang Difabel di Situbondo Memeriahkan HUT Kemerdekaan

Puluhan penyandang difabilitas Kabupaten Situbondo turun ke jalan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70

surya/izi hartono
MERDEKA - Penyandang difabilitas merayakan HUT Kemerdekaan RI ke-70 dengan melakukan triatrikal Kemerdekaan di Situbondo, Rabu (19/8/2015). 

TRIBUNNEWS.COM, SITUBONDO - Puluhan penyandang difabilitas Kabupaten Situbondo turun ke jalan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70, Rabu (19/8/2015).

Penyandang difabilitas yang tergabung Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Situbondo berjalan kaki dari Jalan Seruji dengan mendapat pengamanan dan pengawalan anggota Polres Situbondo.

Dengan memakai pakaian seadanya dan sambil memegang bambu runcing berbendera Merah Putih, puluhan difabilitas bersemangat meski memiliki keterbatasan fisik.

Setibanya dipertigaan Kantor Pemkab dan Kodim Situbondo, beberapa orang penyandang difabilitas melakukan aksi triatrikal perjuangannya melawan kolonial penjajah dan mendapat perhatian warga.

Ketua DPC PPDI Situbondo, Luluk Ariantini mengatakan, teman-teman disabilitas juga ingin turut memeriahkan HUT Kemerdekaan serta memberikan semangat kepada para pejuang yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan.

"Kita ingin menunjukkan kalau difabel juga nasionalis dan cinta tanah air juga," ujar Luluk Ariantini kepada SURYA.CO.ID.

"Teman difabel tidak merasakan kemerdekaannya sendiri, berarti bukan hanya kemerdekaan dari penjajah. Akan tetapi bebas dari kebodohan dan diskriminasi," kata wanita difabel yang memiliki semangat tinggi ini.

Munculnya ide ini, kata Luluk, merupakan keinginan dari teman difabel. Sebelumnya, mereka juga menggelar gerak jalan. "Biar kita ngadakan acara sendiri asalkan kegiatannya mengena," pungkasnya.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved