Pilkada Serentak

Bawaslu: Nias Pertama Kali Cetak Sejarah Pilkada Berlangsung Aman

Beberapa kabupaten di Nias dapat melangsungkan pilkada secara lancar dan aman.

Bawaslu: Nias Pertama Kali Cetak Sejarah Pilkada Berlangsung Aman
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti bersama Menkopolhukam Luhut Binsar Pandjaitan dan Komisioner Bawaslu Nasrullah melakukan teleconference dengan seluruh Polda di Indonesia, di posko operasi Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (9/12/2015). Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengarahan dan koordinasi pengamanan mencegah gangguan keamanan pada Pilkada serentak. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Amriyono Prakoso

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Setelah melakukan lawatan ke Kepulauan Nias, Pimpinan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Daniel Zuchron menyatakan bahwa beberapa kabupaten di Nias dapat melangsungkan pilkada secara lancar dan aman.

Menurutnya, hal tersebut merupakan sejarah pemilihan pertama kali di Nias setelah sekian kali melakukan pemilihan.

"Saya bisa katakan Nias pertama kali cetak sejarah pilkada telah berlangsung secara aman dan lancar. Meski ada riak-riak kecil sedikit," ujarnya saat dihubungi tribunnews, Jakarta, Senin (14/12/2015).

Riak kecil tersebut, kata Daniel tidak terlalu signifikan sampai mengharuskan mereka untuk merekomendasikan pemilihan ulang di beberapa TPS. Sedangkan untuk kerawanan kericuhan, saat ini Bawaslu dan petugas keamanan masih terus bersiap.

Dia juga menyampaikan di tiga kabupaten di Kepualauan Nias, hanya Kabupaten Nias Selatan yang masih memiliki kerawanan kecurangan oleh penyelenggara pemilu. Namun, dirinya telah telah mendorong penyelenggara pemilu untuk tetap menjaga integritas.

"Nias selatan karena kita ingin mendorong teman di KPU dan panwas nias selatan mampu menunjukan integritas dan netralitasnya secara konsiten, keluar dari stigma keruwetan dari pilkada," lanjutnya.

Penulis: Amriyono Prakoso
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved