Breaking News:

Presiden Joko Widodo Bakal Disambut Tarian Ungal Lingkuda di Bandara Juwata

Bertandang ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Presiden Joko Widodo dan rombongan akan disambut tarian Ungal Lingkuda.

Tribun Kaltim/Muhamad Arfan
Mobil RI 1 untuk menyambut Presiden Joko Widodo sudah terparkir di depan ruang VIP Bandara Internasional Juwata, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu (23/3/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhamad Arfan

TRIBUNNEWS.COM, TARAKAN - Bertandang ke Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Presiden Joko Widodo dan rombongan akan disambut tarian Ungal Lingkuda.

Sekelompok anak muda pria dan wanita sudah lengkap dengan pakaian dan pernak pernik. Pakaian penari wanita didominasi warna kuning terang, sedangkan penari pria bertugas sebagai pemain musik memakai pakaian gelap. 

Sebanyak enam penari akan menunjukkan tarian adat Tidung di hadapan Presiden Jokowi dan rombongan. 

"Tahun lalu pakai prosesi tepung tawar. Kali ini beda, kami suguhkan tarian adat Tidung," ujar Datu Norbeck, pembina sanggar budaya tradisional Paguntaka saat ditemui di luar ruangan VIP Bandara Internasional Juwata, Kota Tarakan, Rabu (23/3/206). 

Tari nanti dinamai tari Ungal Lingkuda yang artinya "Keberangkatan Pemimpin".  "Bisa juga diartikan sebagai Raja Pemimpin," sambung Datu. 

Tarian semacam ini memang kerap ditampilkan pada saat penyambutan tamu penting.  Dalam masyarakat Tidung, tarian ini juga sering ditampilkan saat penyambutan tamu di dalam rumah. 

"Seperti halnya ketika menyambut kedatangan mempelai pria di rumah mempelai wanita. Tarian ini bisa dibawakan," beber dia.

Yuniana (18) penari Ungal Lingkuda mengakui sudah tak sabar tampil di hadapan Presiden. 

"Bangga dan senang tentunya. Sedikit gugup tapi kami coba menimalisir itu supaya bisa menampilkan penampilan terbaik di hadapan Presiden Jokowi," tutur Yuniani.

Hingga pukul 14.00 Wita, pesawat kepresidenan belum juga mendarat di Bandara Internasional Juwata. Orang nomor satu Indonesia itu dijadwalkan tiba di Tarakan pukul 13.30 Wita.

Di Kota Tarakan, Presiden Jokowi akan meresmikan Bandara Internasional Juwata. Setelah itu Presiden Jokowi akan membagikan kartu Program Asistensi Usia Terlantas  atau ASLUT, Program Asistensi Orang dengan Kecacatan Berat, dan bantuan Program Keluarga Harapan di halaman Masjid Nur Iman Kelurahan Karang Anyar Pantai, Kecamatan Tarakan Barat.

Usai meresmikan Bandara Internasional Juwata, Presiden Jokowi dan rombongan akan melanjutkan perjalanan ke Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved