Breaking News:

HUT Ke 70 TNI AU

Lanud Soewondo akan Menjadi Pangkalan Skuadron

Kemungkinan besar Landasan Udara Soewondo akan dijadikan Pangkalan Skuadron. Rencana ini masih dalam pembahasan di Mabes TNI AU.

Tribun Medan/Array A Argus
Pasukan Khas TNI AU Kosek Hanudnas III meledakkan markas teroris di Medan dalam perayaan HUT ke-70 TNI AU, Sabtu (9/4/2016) di Lanud Soewondo Medan. 

Laporan Wartawan Tribun Medan, Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosek Hanudnas) III, Marsma TNI Jemi Tri Sonjaya mengatakan, kemungkinan besar Landasan Udara Soewondo akan dijadikan Pangkalan Skuadron.

Rencana ini masih dalam pembahasan di Mabes TNI AU.

"Tugas kami adalah menjaga kedaulatan di udara. Kami telah mendapat perintah untuk tetap siaga. Dan terkait pangkalan udara skuadron, itu sesuai dengan rencana strategi dari pemerintah, dari Mabes TNI AU yang masih digodok ke depannya," kata Jemi, Sabtu (9/4/2016).

Ia mengatakan, pertimbangan menjadikan Lanud Soewondo sebagai pangkalan skuadron lantaran letaknya yang cukup strategis.

Menurut Jemi, letak Lanud Soewondo berdekatan dengan Selat Malaka.

"Memang di sini cocok untuk pangkalan. Karena di sini besar, kemudian dekat dengan Selat Malaka. Jadi, batas-batas wilayah terjangkau. Fasilitasnya pun mendukung," ungkap Jemi.

Dia berharap penuh rencana perubahan Lanud Soewondo menjadi pangkalan skuadron ini bisa segera terlaksana.

Dengan demikian, tugas menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di udara bisa terlaksana dengan baik.

Dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-70 TNI AU, pasukan Kosek Hanudnas III menampilkan serangkaian atraksi.  Salah satunya penyergapan kelompok teroris di Kota Medan. (ray/tribun-medan.com)

Penulis: Array Anarcho
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved