Belasan Pengusaha Inggris Lirik Potensi Perdagangan Sidoarjo

Belasan pengusaha Inggris akan melakukan perdagangan secara berkesinambungan dengan Jawa Timur, termasuk Sidoarjo.

Belasan Pengusaha Inggris Lirik Potensi Perdagangan Sidoarjo
SURYA.co.id/Irwan Syairwan
Delegasi Jawa Timur dipimpin Sekda Pemprov, Hadi Prasetyo dan Bupati Saiful Illah saat bertemu delegasi Inggris, Senin (18/4/2016) 

TRIBUNNEWS.COM, SIDOARJO - Belasan pengusaha Inggris akan melakukan perdagangan secara berkesinambungan dengan Jawa Timur, termasuk Sidoarjo.

Kabag Kerjasama Pemkab Sidoarjo, Ari Suryono, mengatakan para pengusaha Inggris mulai melirik hubungan kerjasama dengan Sidoarjo.

"Kami juga bawa rekan pengusaha lokal untuk memamerkan usahanya. Hasilnya, mereka suka dengan produk-produk yang kami tawarkan," kata Ari kepada Surya, Minggu (24/4/2016).

Ari menuturkan Sidorjo membawa pengusaha krupuk. Ketika para bule Inggris mencobanya, mereka tertarik untuk membeli produk tersebut dalam skala besar.

Rencananya, lanjut Ari, para pengusaha Inggris akan melakukan kunjungan ke Sidoarjo untuk menindaklanjuti kunjungan ini.

"Katanya, krupuk rasanya renyah dan gurih. Sekitar Juni, mereka akan mengunjungi kami, dan sudah barang tentu kami akan berikan yang terbaik agar kerjasama ini nanti benar-benar terealisasi secara simultan," sambungnya.

Ari memaparkan ekspor nonmigas Jatim ke Inggris pada 2015 mencapai USD 241,55 juta. Sidoarjo, lanjutnya, turut menyumbang meski prosentasenya bukan termasuk mayoritas.

Meski belum bisa memprediksi nilai kerjasama yang kemungkinan terjadi, Ari optimistis akan meningkatkan nilai ekpor Jatim secara keseluruhan.

"Jangan dulu berpikir nilainya. Yang penting jalannya dulu. Kalau sudah berjalan baik, saya optimistis nilai akan semakin meningkat," ujarnya.

Pada kunjungan ke Inggris pada Senin (18/4/2016), delegasi Pemprov dipimpin Sekda Pemprov, Hadi Prasetyo, sementara dari Sidoarjo, Bupati Saiful Illah yang memimpin rombongan Kota Delta.

Dalam sambutannya, Abah Ipul, sapaan Saiful Illah, menerangkan produk alas kaki, dmakanan olahan, perabot rumah tangga, mainan anak, serta kopi dan teh, menjadi produk yang disukai negara dengan julukan Tiga Singa ini.

"Saya paparkan juga tentang produk-produk UMKM, karena Sidoarjo adalah Kota UMKM. Pun mengenai proyek pengembangan bandara terminal 3."

"Ini akan jadi akses masuk yang signifikan bagi mobilitas pebisnis, wisatawan, dan lain-lain dari Eropa, terutama Inggris," jelas Abah Ipul melalui Ari Suryono.

Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved