Malam Nanti Galaksi Bimasakti Dapat Diamati, Lapan Watukosek Gelar Nobar Bareng

Peristiwa alam cukup unik terjadi pada Sabtu (6/8/2016) malam. Anda dapat melihat konstelasi Galaksi Bimasakti dan beberapa jajaran rasi bintang.

Surya/Irwan Syairwan
Tim Lapan Watukosek dan anggota Surabaya Astronomy Club sedang menyiapkan teleskop untuk nonton bareng Gerhana Matahari, Senin (7/3/2016). 

Laporan Wartawan Surya, Irwan Syairwan

SURYA.CO.ID, PASURUAN - Peristiwa alam cukup unik terjadi pada Sabtu (6/8/2016) malam. Anda dapat melihat konstelasi Galaksi Bimasakti dan beberapa jajaran rasi bintang.

Kepala Lapan Watukosek, Dian Yudha Risdianto, mengatakan Bimasakti akan membentang tepat dari utara ke selatan. Bentangan Bimasakti ini bisa diamati cukup jelas di Jatim.

"Kami pun mengadakan acara Dark Sky Night (DSN) yang terbuka bagi umum untuk bisa melihat secara lebih jelas galaksi yang kita tempati ini," kata Yudha kepada Surya.co.id, Jumat (5/8/2016).

Yudha menuturkan selain Bimasakti, akan dapat pula dilihat rasi Angsa (Cygnus) beserta tiga bintang terang yakni Vega, Deneb, dan Altair.

Di langit utara terdapat Segitiga Musim Panas. Di langit selatan dapat diamati rasi Layang-layang atau Salib Selatan (Crux) yang sering digunakan sebagai penunjuk arah.

Tepat di wilayah Pasuruan dapat disaksikan rasi Kalajengking (Scorpio) dengan bintang terang Antares.

"Bahkan, bisa juga melihat Mars dan Saturnus yang besanding dengan bintang raksasa merah Antares," sambung Dian.

Yudha menerangkan pada 6 Agustus akan diproklamirkan sebagai Hari Antariksa Nasional (HAN). Acara DSN ini sebagai acara perayaan HAN.

"Perayaan HAN ini yang pertama yang kami gelar di Lapan Watukosek. Kebetulan juga bertepatan dengan munculnya Bimasakti dan beberapa rasi bintang yang bisa diamati," ujar dia.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved