Breaking News:

Menikmati Sensasi Memetik, Mengolah hingga Menghidangkan Kopi di Festival Gombengsari

Festival yang menyuguhkan tradisi petik kopi rakyat ini sekaligus meneguhkan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi.

zoom-inlihat foto Menikmati Sensasi Memetik, Mengolah hingga Menghidangkan Kopi di Festival Gombengsari
Surya/Haorrahman
Kopai Osing, andalan kopi asal Banyuwangi.

TRIBUNNEWS.COM, BANYUWANGI - Anda pencinta kopi, layak untuk datang ke Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/9/2016). Pada hari itu, terdapat Festival Kembang Kopi Gombengsari.

Festival yang menyuguhkan tradisi petik kopi rakyat ini sekaligus meneguhkan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para pecinta kopi di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas dan Kebudayaan Yanuar Bramuda mengatakan, Festival Kembang Kopi Gombengsari akan memberi pengalaman istimewa bagi semua yang datang. Mulai dari ikut memetik kopi, mengolahnya sampai menghidangkannya.

"Di Festival ini, pengunjung bisa mendapatkan asyiknya pengalaman memetik kopi, mengolahnya, menyajikan sampai menikmati langsung kenikmatan kopi asli Gombengsari," kata Bramuda, Selasa (6/9/2016).

Festival petik kopi ini, dilangsungkan di Lingkungan Lerek, yakni di sepanjang jalan menuju Perkebunan Kali Klatak.

Sebelum mulai memetik kopi, warga setempat akan memulainya dengan makan bersama sebagai wujud syukur kepada sang kuasa atas melimpahnya panen kopi.

"Selain warga, acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang ingin ikut serta memeriahkan even ini," kata Bramuda.

Setelah acara selamatan, prosesi petik kopi pun dimulai. Saat petik kopi selain warga setempat masyarakat dan wisatawan boleh ikut terlibat.

"Nantinya pemetik yang baru pertama kali melakukan petik kopi akan diajari cara memilih buah kopi yang matang dan cara memetik kopi," kata Bramuda.

Usai memetik, selanjutnya akan dilakukan pengupasan biji kopi secara bersama-sama. Selesai dikupas, biji kopi akan melalui proses sangrai.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved