Hampir Sepeken, Banyak Balita di Wilayah Perbatasan NTT-Timor Leste Diserang Diare Secara Sporadis

serangan diare secara sporadis menyerang sejumlah desa di Amfoang Timur sejak Rabu (5/10/2016) pekan lalu

Hampir Sepeken, Banyak Balita di Wilayah Perbatasan NTT-Timor Leste Diserang Diare Secara Sporadis
Tribun Kaltim/Doan Pardede
ilustrasi

Laporan Wartawan Pos Kupang, Julianus Akoit

TRIBUNNEWS.COM, OELAMASI -- Sebanyak 24 balita di Oepoli, Kecamatan Amfoang Timur, yang berbatasan langsung dengan negara Republic Demokratic Timor Leste (RDTL), dilarikan ke puskesmas setempat karena diserang diare (muntaber).

"Memang benar, serangan diare secara sporadis menyerang sejumlah desa di Amfoang Timur sejak Rabu (5/10/2016) pekan lalu. Meski demikian belum ada korban tewas. Semua bisa dikendalikan," jelas Kadis Kesehatan Kabupaten Kupang, dr. Robert AJ Amaheka, saat ditemui di gedung DPRD Kabupaten Kupang, Senin (10/10/2016) siang.

Ia mengatakan situasi sudah berhasil dikendalikan karena petugas medis di Puskesmas Oepoli bergerak cepat menjemput pasien diare dari rumah ke rumah untuk dirawat di puskesmas.

"Meski demikian, siang ini, saya kirim satu tim medis dari Kantor Dinkes Kabupaten Kupang. Mereka juga membawa logistik obat-obatan yang dibutuhkan. Semoga besok pagi mereka sudah tiba dilokasi untuk membantu petugas medis di sana," jelas Dokter Amaheka.

Camat Amfoang Timur, Anis Kause, dan Kepala Puskesmas Oepoli, Frans Leltakaep, yang dihubungi lewat telepon genggamnya, Senin malam, berada di luar jangkauan.

Namun beberapa warga yang dihubungi terpisah melalui telepon genggamnya, membenarkan kondisi tersebut.

"Anaknya kakak saya kena muntaber. Tapi sekarang sudah berangsur pulih," kata Ny. Anas.

Ia mengatakan ada sekitar puluhan anak balita yang mendapat perawatan medis di puskesmas akibat muntaber.

"Kejadiannya mulai Rabu pekan lalu. Awalnya sekitar tujuh anak. Tapi kemudian semakin banyak. Meski demikian, tidak ada korban jiwa," jelasnya.*

Editor: Sugiyarto
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved