Breaking News:

Musim Penghujan Tiba, Waspadai Penularan Penyakit Leptospirosis

Ruslina Abubakar mengatakan musim hujan seperti saat ini, sangat rawan terjadi penularan penyakit, salah satunya yaitu Leptospirosis.

Intisari Online
Ilustrasi tikus 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS..COM, MAKASSAR - Memasuki musim hujan di Indonesia khususnya di Kota Makassar, masyarakat diimbau untuk mewaspadai kemungkinan penularan penyakit yang dapat ditularkan dari hewan.

Kepala Bidang Bina Pencegahan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinas Kesehatan Kota Makassar, Ruslina Abubakar mengatakan musim hujan seperti saat ini, sangat rawan terjadi penularan penyakit, salah satunya yaitu Leptospirosis.

"Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Leptospira. Penyakit ini dikategorikan sebagai penyakit Zoonosis yang ditularkan oleh hewan atau binatang," kata Ruslina, Kamis (27/10/2016).

Penularan penyakit ini dapat melalui kotoran dan air kencing binatang pembawanya seperti tikus.

Ruslina menjelaskan, pada musim hujan terutama saat terjadi banjir, maka tikus-tikus yang tinggal di liang-liang tanah akan keluar dari sarangnya.

"Kalau musim hujan tikus makin banyak, dan biasanya akan keluar dari sarangnya yang tergenang. Binatang ini perlu diwaspadai, karena merupakan hewan yang sangat mudah menularkan penyakit itu," jelasnya.

Ia menjelaskan, tikus-tikus tersebut akan berkeliaran di sekitar manusia, lalu kotoran dan air kencingnya bercampur dengan genangan atau air banjir.

"Jika ada manusia yang memiliki luka, kemudian terkena air yang sudah tercampur dengan kotoran atau kencing tikus yang mengandung bakteri Lepstopira, maka potensi untuk terinfeksi semakin besar," terang dia.

Untuk menghindari timbulnya penyakit Leptospirosis, Fuslina meminta masyarakat agar melakukan langkah-langkah antisipasi seperti menekan dan hindari adanya tikus yang berkeliaran di sekitar.

"Selain itu, harus selalu menjaga kebersihan, dan menghindari bermain air saat terjadi banjir, terutama bila ada luka. Dan jika anda mengalami masalah kesehatan saat musim seperti ini, segera periksakan ke dokter," pesannya.

Berita Populer
Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved