Breaking News:

Pilkada Serentak

KPUD Pekanbaru Konsisten tak Loloskan Pasangan Destrayani-Said

KPUD Kota Pekanbaru konsisten dengan keputusannya tidak meloloskan pasangan Destrayani-Said sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru.

Tribun Pekanbaru/Budi Rahmat
Sidang sengketa Pilkada Pekanbaru yang dilaksanakan di Kantor Panwaslu Pekanbaru, Minggu (30/10/2016). TRIBUN PEKANBARU/BUDI RAHMAT 

Laporan Wartawan Tribun Pekanbaru, Budi Rahmat

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Pekanbaru konsisten dengan keputusannya tidak meloloskan pasangan Destrayani-Said sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru dalam Pilkada Pekanbaru 2017.

Hal tersebut disampaikan KPU sebagai jawabannya dalam sidang sengketa Pilkada Pekanbaru atas gugatan pasangan Destrayani-Said yang digelar di Kantor Panwaslu Pekanbaru Jalan Elang, Sukajadi, Pekanbaru, Minggu (30/10/2016).

Sidang dihadiri oleh Komisioner KPU, tim sukses, partai pengusung serta pendukung dan kuasa hukum pasangan Destrayani-Said.

Dalam jawabannya KPU Pekanbaru menjelaskan:

"Mencermati data, dokumen rekomendasi kemudian menggali, mencari dan mendengarkan masukan dari berbagai pihak untuk mendapatkan kejelasan dan pemahaman maksud dari rekomendasi tersebut (tidak meloloskan pasangan Destrayani-Said), maka KPU Kota pekanbaru tetap konsisten pada sikapnya sesuai dengan aturan yang berlaku seperti tahap-tahap yang dilakukan KPU terhadap pasangan Destrayani-Said."

Bahwa salah satu dari pasangan calon tersebut tak memenuhi syarat kesehatan.

Dalam pemeriksaan kesehatan menurut pedoman teknis IDI tentang penilaian jasmani dan rohani bakal calon (balon), tim dokter dalam tugasnya menemukan adanya disabilitas atau tidak ditemukan disabilitas.

Jika ditemukan maka si calon tidak memenuhi syarat dan jika tidak ditemukan maka si calon memenuhi syarat.

Penjabaran yang disampaikan KPU Pekanbaru tersebut merupakan jawaban dari gugatan yang sebelumnya dilayangkan pasangan Destrayani-Said melalui kuasa hukumnya.

Halaman
12
Penulis: Budi Rahmat
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved