Sultan Minta Masyarakat Aktif Laporkan Pungli

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X akan membentuk tim saber pungli di tingkat bawah yaitu level kabupaten agar tidak ada tempat bagi pungli

Sultan Minta Masyarakat Aktif Laporkan Pungli
TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/LENDY RAMADHAN
Gubernur D.I. Jogjakarta, Sri Sultan Hamangkubwono X (HB X) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM JOGJA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang juga penanggungjawab Satgas Saber Pungli DIY mengatakan akan membentuk tim saber pungli di tingkat bawah yaitu level kabupaten agar tidak ada tempat bagi pungi di DIY.

"Kami nanti dari Pemda akan memberikan arahan kepada kabupaten kota maupun instansi-instansinya agar dimungkinkan di tiap isntitusi punya tim sendiri walaupun jumlahnya lebih kecil," jelas Sultan seusai pengukuhan Satgas Saber Pungli DIY di Mapolda DIY, Selasa (1/11/2016).

Sultan menambahkan dengan membentuk tim yang lebih kecil makan penanganan masalah pungli juga akan makin efektif.

Kasus pungli di daerah sendiri sudah terjadi di Gunungkidul dimana dua orang PNS diamankan karena melakukan pungli uang retribusi di kawasan wisata pantai.

"Kan kemarin seperti di Gunungkidul sudah terjadi berarti sebetulnya timnya sudah jalan walupun belum ada SK, kalau ada SK tentunya lebih baik lagi," ujarnya.

Dia juga meminta peran aktif masyarakat untuk melaporkan apabila ditemukan dugaan adanya pungli, laporan bisa disampaikan ke inspektorat maupun kepolisian.

"Saya lebih cenderung masyarakat pro aktif karena kalau tim kan dikira cari-cari kesalahan, kalau masyarkat aktif kan jadi dasar kita melakukan pemeriksaan bukan kita cari-cari. Yang penting laporannya bukan fitnah tapi fakta," tambahnya. (*)

Penulis: Khaerur Reza
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved