APPI Sosialisasikan Gerakan Hidup Masyarakat Sehat Sampai ke Pelosok

Dengan gerakan yang berkomitmen dan konsisten diharapkan dalam waktu yang relatif singkat segera akan menyentuh sampai keseluruh pelosok tanah air.

APPI Sosialisasikan Gerakan Hidup Masyarakat Sehat Sampai ke Pelosok
Ist/Tribunnews.com
APPI-Kemenkes RI menggelar lokakarya Germas di Padang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) merupakan sebuah kampanye budaya hidup sehat, berupa gerakan yang mengajak serta memotivasi agar masyarakat terlibat aktif untuk selain memiliki kebiasaan dan perilaku hidup yang sehat diharapkan mampu mewujudkan budaya hidup sehat secara konsisten dalam mendukung tercapainya tujuan pembangunan kesehatan di Indonesia sebagaimana tertuang dalam UU 39 tahun 2009 tentang Kesehatan.

Demikian dikemukakan Ketua Umum APPI (Aliansi Pita Putih Indonesia) Dr. Giwo Rubianto Wiyogo dalam sambutannya pada lokakarya Germas di Padang Sumatera Barat.

"APPI sebagai organisasi yang memiliki cabang di 27 Provinsi diharapkan mampu menjadi kekuatan inti dari langkah yang mengedepankan upaya preventif dan promotif kepada masyarakat untuk membiasakan, berperilaku dan berbudaya sehat," kata Giwo Rubianto.

Dengan upaya preventif dan promotif ini, APPI berharap bahwa setiap ibu-ibu mampu mengajak anak anak, suami bahkan seluruh keluarganya untuk memiliki kepedulian terhadap kesehatan diri, keluarga dan masyarakat agar dapat memberikan kontribusi dalam penurunan angka kematian ibu dan juga pembangunan.

"Dengan Gerakan Masyarakat yang serentak mulai dari pusat sampai keseluruh pelosok nusantara yang dikumandangkan serentak oleh seluruh media baik cetak maupun elektronik, pastilah akan memberikan dampak multiplier yang signifikan. Mulai dari keluarga, lingkungan masyarakat, sekolah sekolah mulai dari PAUD sampai Perguruan Tinggi, Instansi pemerintah, swasta pokoknya semua warga negara," kata Giwo.

Dijelaskan dengan gerakan yang berkomitmen dan konsisten diharapkan dalam waktu yang relatif singkat segera akan menyentuh sampai keseluruh pelosok tanah air.

"Germas ingin mengajak dan memotivasi kepada kita semua untuk peningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap kita demi terwujudnya kehidupan yang sehat sebagai modal utama bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif dan kompetitif," katanya.

Data penting yang harus diungkapkan ke publik mengapa Germas ini penting adalah bahwa :Hasil Riset Kesehatan Dasar tahun 2013, mengungkapkan sebanyak 26,1% jumlah penduduk Indonesia kurang aktifitas fisik dan sebanyak 93,5% penduduk di atas usia 10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur.

Atas dasar pemikiran tersebut diatas, APPI mengajak semua perempuan Indonesia untuk turut serta berperan aktif mensukseskan Germas dengan tiga indikator yakni, meningkatkan aktifitas fisik setiap hari, konsumsi buah dan sayur dan periksa kesehatan secara berkala tanpa harus menunggu sakit dulu.

"Artinya lebih baik mencegah daripada mengobati," katanya.

Halaman
12
Penulis: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved