Breaking News:

Lima Patok Perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Krayan Hilang

Lima buah patok perbatasan antar-negara tipe D yang berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Krayan dilaporkan hilang.

TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
TNI PATROLI PENGAMANAN PATOK PERBATASAN RI-PNG - (Puspen TNI. Rabu, 17 Februari 2016). Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam hal ini Prajurit TNI dari Satuan Tugas Batalyon Infanteri (Satgas Yonif) 406/Candra Kusuma, Purbalingga, Jawa Tengah, yang tengah melaksanakan tugas di Papua melaksanakan Patroli Pengamanan Patok MM 4.3 di wilayah perbatasan Republik Indonesia dengan Papua New Guinea (RI-PNG), tepatnya di Kabupaten Keerom, Papua. TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI 

TRIBUNNEWS.COM, NUNUKAN - Lima buah patok perbatasan antar-negara tipe D yang berada di wilayah perbatasan RI-Malaysia di Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, dilaporkan hilang.

Patok tipe D merupakan patok yang paling kecil dan ditanam dengan jarak antara 100 sampai 200 meter.

Komandan Distrik Militer 0911 Nunukan, Letkol Kavaleri Valian Wicaksono mengatakan, kelima patok yang hilang berada di wilayah Long Widang dan Bakalalan.

“Ada 5 patok yang tidak ditemukan. Karena dia bentuknya kecil sehingga memungkinkan memang tertanamnya ke tanah ini tidak dalam,” ujarnya, Sabtu (8/4/2017).

Valian Wicaksono menambahkan, belum diketahui pasti penyebab 5 patok tersebut hilang. Bentuk fisik patok yang kecil dan ditanam dengan kurang dalam bisa saja membuat patok tidak ditemukan.

Meski demikian, lokasi kelima patok yang hilang diakui tidak jauh dari lokasi pembangunan jalan oleh Pemerintah Malaysia di wilayah perbatasan.

“Nanti itu kewenangan di pusat untuk mengoordinasikan dengan TDM maupun pemerintah Malaysia. Tapi memang tidak jauh dari tempat itu ada kegiatan pembuatan jalan dari Pemerintah Malaysia,” imbuhnya.

Menurut Valian, 5 buah patok perbatasan yang hilang itu telah disampaikan kepada petinggi TNI.

“Secara hirarki sudah dilaporkan kepada Kolaops Korem maupun Koops TNI Kodam VI Mulawarman,” ucap Valian Wicaksono.(Kontributor Nunukan, Sukoco)

Editor: Sanusi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved