Tahan 5 Mahasiswa, KontraS Tuding Polrestabes Langgar KUHAP dan HAM

KontraS menuding Polrestabes Medan telah melanggar kitab undang-undang hukum acara pidana (KUHAP) dan HAM

Penulis: Array Anarcho
Editor: Sugiyarto
zoom-inlihat foto Tahan 5 Mahasiswa, KontraS Tuding Polrestabes Langgar KUHAP dan HAM
Tribun Medan
ilustrasi

Laporan Wartawan Tribun Medan/ Array A Argus

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) menuding Polrestabes Medan telah melanggar kitab undang-undang hukum acara pidana (KUHAP) dan melanggar Hak Azasi Manusia (HAM).

Pasalnya, Ampai detik ini, KontraS selaku pendamping hukum lima orang mahasiswa yang ditahan tidak kunjung diberikan akses menemui mahasiswa yang telah berstatus tersangka.

"Dalam KUHAP pasal 60 sudah diatur, bahwa seseorang yang berstatus sebagai tersangka berhak dikunjungi dan berhak menghubungi keluarganya. "

"Serta, berhak mendapatkan hak yang melekat padanya sesuai konstitusi," ungkap Kordinator KontraS, Amin Multazam lewat siaran persnya, Jumat (5/5/2017).

Amin mengatakan, sehari pascapenahanan pada Rabu (3/5/2017) kemarin, tim kuasa hukum berupaya mendatangi para tersangka untuk meminta tandatangan kuasa.

Sayangnya, tim kuasa hukum tidak diperkenankan penyidik tanpa alasan yang jelas.

"Meski mereka telah berstatus tersangka, namun mereka kan berhak mendapatkan pendampingan hukum. Kalau begini, sama saja Polrestabes itu melanggar HAM," ungkap Amin.

Tak hanya terindikasi menghalang-halangi tim kuasa hukum, lanjut Amin, Polrestabes Medan juga dianggap membungkam demokrasi.

Pasalnya, petugas menggeledah Sekretariat Forum Mahasiswa Anti Penindasan (Formadas) di Jl Sempurna, Medan Kota dan menangkap seorang pengurus bernama Cici Arya.

"Tak hanya menangkap Cici yang tengah beristirahat di Sekretariat, polisi juga menangkap Ketua Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Syahnan Damanik. Sampai saat ini, keduanya ditahan tanpa alasan yang jelas," ungkap Amin.(Ray/tribun-medan.com)

Sumber: Tribun Medan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved