Dewa Obat Kongco Poo Seng Tay Tee Bakal Diarak di Semarang

Kelenteng Tay Kak Sie, Kota Semarang, Jawa Tengah, bakal merayakan cuplikan sejarah mereka 157 tahun silam.

Dewa Obat Kongco Poo Seng Tay Tee Bakal Diarak di Semarang
Tribun Jateng/Hermawan Endra
KIRAB DEWA OBAT: Ratusan pemeluk Tri Dharma mengikuti kirab Dewa Obat di Pantai Marina Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (5/6). TRIBUN JATENG/HERMAWAN ENDRA 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Bakti Buwono

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Kelenteng Tay Kak Sie, Kota Semarang, Jawa Tengah, bakal merayakan cuplikan sejarah mereka 157 tahun silam.

Pada 24-25 Mei 2017, pihak kelenteng menggelar kirab budaya dalam rangka memperingati kedatangan Ym Kongco Poo Seng Tay Tee, salah satu dewa obat di Semarang yang ke 157 tahun.

"Aslinya (kirab budaya, red) dilangsungkan tanggal 26 Mei tapi karena pas hari kerja makanya diajukan," ungkap ketua panitia Hasan Arifin pada Jumat (12/5/2017) siang.

Konon, kedatangan dewa obat berawal dari menjamurnya wabah penyakit di Kota Semarang sekitar 157 tahun lalu. Perayaan nanti untuk mengenang kejadian pada 1853.

Warga Tionghoa yang kebingungan kala itu meminta bantuan ke tanah asal mereka di Tiongkok. Akhirnya, Kiem Sien Kong Co Poo Seng Tay Tee yang telah didoakan dikirim melalui jalur laut selama 25 hari.

Arca Dewa Obat dari Tiongkok tiba di wilayah Boom Lama. Ketika datang, warga Tionghoa langsung melakukan kirab. Wabah penyakit di Semarang berangsur hilang.

"Sejak saat itu, setiap tahun diadakan kirab peringatan dewa obat," imbuh Hasan yang memilik nama Tionghoa, Lie Bun Pin.

Wakil ketua panitia Jimmy Lukito alias Liem Mo Djiang menimpali urutan acara dimulai pada Rabu (24/5/2017) pukul 18.30 WIB berupa sembahyang kebesaran bersama diikuti pentas seni.

Hari berikutnya atau Kamis (25/5/2017) pukul 05.00 WIB bakal ada kirab dari Kelenteng Tay Kak Sie menuju pertigaan Kranggan.

Rangkaian acara itu berlanjut di pantai MCC Marina. Kemudian dilanjutkan kirab budaya mengelilingi pecinan pada pukul 12.00 WIB hingga kembali ke Kelenteng Tay Kak Sie pukul 17.00 WIB.

Pada Jumat (26/5/2017), pukul 19.00 WIB digelar sembahyang bersama dilanjutkan kesenian Yang Giem. Esoknya, Sabtu (27/5/2017) pukul 12.00 WIB ada pemilihan Cia dan Hu Lo Vu Kongco Poo Seng Tay Tee.

Editor: Y Gustaman
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved