Breaking News:

Aliansi HAM untuk HIV dan AIDS Peringati International AIDS Candlelight Memorial

Aliansi HAM untuk HIV dan AIDS Sulawesi Selatan dan Barat memperingati The 34 International AIDS Candlelight Memorial (IACM)2017, di kantor DPRD Sulse

Tribun Timur/ Fahrizal Syam
Aliansi HAM untuk HIV dan AIDS Sulawesi Selatan dan Barat memperingati The 34 International AIDS Candlelight Memorial (IACM)2017, di kantor DPRD Sulsel, Jl Urip Sumiharjo Makassar, Kamis (18/5/2017) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Aliansi HAM untuk HIV dan AIDS Sulawesi Selatan dan Barat memperingati The 34 International AIDS Candlelight Memorial (IACM)2017, di kantor DPRD Sulsel, Jl Urip Sumiharjo Makassar, Kamis (18/5/2017) malam.

Belasan aktivis yang tergabung dalam aliansi berkumpul dan merayakan IACM secara sederhana.

Beberapa lembaga yang tergabung dalam aliansi antara lain Global Inklusi untuk Penderita AIDS (GIPA), Solidaritas Perempuan Anging Mamiri (SP-AM), Kerukunan Waria Sulawesi Selatan (KWRSS), LPA Sulsel.

Ada juga Perempuan Mahardika, FORLOG-antar kita Sulsel, LPA Sulsel, FPMP, Gamacca, LBH, dan lain-lain.

Koordinator Kegiatan, Nuraini mengatakan perayaan IACM yang diselenggarakan setiap tahun berbeda dengan perayaan hari AIDS se-dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember.

"Hari AIDS diinisiasi oleh pemerintah dari seluruh penjuru dunia. Kalau IACM ini diinisiasi oleh gerakan akar rumput, mereka para ODHA secara global yang mendapat perlakuan diskriminasi," ungkapnya.

Ia.melanjutkan, kegiatan ini murni merupakan swadaya dari para lembaga yang tergabung dalam aliansi.

"Ini gerakan bersama, bantuan masing-masing lembaga dalam aliansi, karena saat ini hanya semangat yang menggerakkan kita. Semangat ini juga yang membuat kita melakukan pembelaan terhadap tindakan diskriminasi," kata dia.

Dalam acara ini, para perwakilan lembaga meminta pemerintah menyusun aturan yang menjamin ODHA untuk melawan penyakitnya, serta menghindari perlakuan diskriminasi.

Mereka juga bersama-sama berorasi dan membacakan pernyataan sikap untuk meminta dukungan dari masyarakat. (*)

Penulis: Fahrizal Syam
Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved