Puluhan Rumah Warga Poso Rusak Digoyang Gempa 6,6 Skala Richter

Pemerintah Kabupaten Poso hingga Selasa (30/5/2017) pagi terus mendata jumlah bangunan dan jiwa akibat gempa bumi 6,6 skala richter.

Puluhan Rumah Warga Poso Rusak Digoyang  Gempa 6,6 Skala Richter
Istimewa
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Tito Ramadhani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Poso hingga Selasa (30/5/2017) pagi terus mendata jumlah bangunan dan jiwa akibat gempa bumi 6,6 skala richter.

Laporan sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sulawesi Tengah menyebutkan puluhan rumah warga di Kabupaten Poso retak-retak atau rusak ringan.

Berdasarkan analisis peta gempa, Kabupaten Poso terdampak gempa keras dengan intensitas V - VI MMI.

Data sementara BPBD Sulteng melansir dampak di Desa Sedoa, Lore Utara-Timur, Poso sebagai berikut, Desa Sedoa 2 warga luka berat dan 1 luka ringan, 1 gereja dan 1 polindes roboh, dan puluhan rumah warga retak.

Dampak di Desa Alitupu mencakup 1 rumah roboh dan 1 warga usia senja mengalami luka berat, sedangkan di Desa Wuasa, 3 rumah retak dan rekahan tanah yang mengeluarkan lumpur dan bau belerang.

Pantauan BPBD, wilayah Lore Utara-Timur merupakan wilayah yang mengalami kerusakan terparah.

Sementara di wilayah Kota Poso, sebagian depan bangunan BNI roboh dan jembatan panjang yang berlokasi di dekat pos ‘smaker’ retak.

Pada wilayah Poso Pesisir, kerusakan terjadi di Desa Towu, yang terdiri dari 2 rumah warga roboh, 19 rumah warga retak serta 1 korban luka. Kerusakan di wilayah Poso Pesisir Utara mencakup Desa Kilo (1 rumah waga roboh), Desa Bakti Agung (1 rumah roboh), Desa Tambrana (pagar dan bangunan di SMP 2 roboh).

Pemerintah setempat juga melaporkan bangunan parkir milik polsek di wilayah Kecamatan Lage, Poso, roboh, sedangkan tidak ada dampak kerusakan maupun korban di wilayah Poso Pesisir Selatan, seperti Pamona dan Lore Tengah.

Halaman
12
Penulis: Tito Ramadhani
Editor: Y Gustaman
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved