Apel Kehormatan dan Renungan Suci: Keunikan Perayaan Kemerdekaan di Pemprov Jabar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar berbagai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci: Keunikan Perayaan Kemerdekaan di Pemprov Jabar
dok. Pemprov Jabar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar berbagai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia bertema “Indonesia Kerja Bersama”. Puncak dari rangkaian digelar dari Rabu (16/8/17) hingga Kamis (17/8/17).

Kepala Bagian Publikasi Ade Sukalsah menjelaskan, berbagai gladi sejak seminggu yang lalu sudah dilakukan demi persiapan upacara bendera tingkat provinsi di lapangan Gasibu, Bandung, Kamis (17/8/17).

“Rabu pagi kemarin, Gubernur hadir dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, DPD,” katanya.

Ada yang khas dari Pemprov Jabar, kata Ade, yaitu penyerahan penghargaan pemerintah kepada masyarakat berprestasi yang digelar di Aula Barat Gedung Sate, Rabu sore (16/7/17) kemarin.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, Apel Kehormatan dan Renungan Suci sudah digelar tengah malam menjelang 17 Agustus dan Pangdam III/Siliwangi bertindak sebagai inspektur upacara,” jelasnya.

Pada Hari-H 17 Agustus, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Forkominda menghadiri acara dalam puncak rangkaian peringatan kemerdekaan.

“Lebih kurang seribu orang mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI,” jelas Ade.

Tak hanya itu, menurut Ade, Wagub Jabar didaulat menjadi inspektur Upacara Penyerahan SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pemberian Remisi Umum Tahun 2017 kepada Narapidana yang telah memenuhi persyaratan. Sedangkan Gubernur melakukan ramah tamah dengan para veteran.

“Dalam rangka penghargaan pada pihak-pihak yang berjasa, Gubernur melakukan ramah tamah bersama perintis kemerdekaan, veteran, Angkatan ’45, Pepabri, Wredatama, Warakawuri, dan sesepuh di Aula Gedung Sate pada pukul 11.00 WIB tadi, usai upacara bendera di Gasibu,” katanya.

Gelar Senja dan Upacara Penurunan Sang Merah Putih pun digelar pukul 15.30 WIB tadi dengan Gubernur sebagai inspektur upacara.

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved