Titip Tulang Jenazah Keluarga di Jepang Hanya Rp.3,8 Juta Untuk Selamanya

Pada lokasi pemakaman tertentu tulang tersebut dikuburkan di sana pada kedalaman tertentu, bersatu dengan tanah.

Titip Tulang Jenazah Keluarga di Jepang Hanya Rp.3,8 Juta Untuk Selamanya
Ist
Bagian dalam kuil Nanshunji tempat masyarakat berdoa kepada arwah keluarga masing-masing. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Surakarta

TRIBUNNEWS.COM, SURAKARTA - Sebuah yayasan yang bekerjasama dengan sebuah kuil di Shinjuku Tokyo, Nanshunji, berhasil membantu banyak rakyat Jepang yang miskin, bingung menyimpan tulang keluarganya karena tak punya makam dan tak punya uang.

Namun kini dengan 30.000 yen atau sekitar Rp.3,8 juta sudah bisa titip di kuil tersebut untuk selamanya. Tak ada uang apa pun lagi.

"Hanya 30.000 yen saja untuk selamanya," tekan Kisennuma, pengurus yayasan Tsui no sumika naki ikotsu o sukuukai (Penyelamat Keluarga Terakhir Tanpa Bekas), khusus kepada Tribunnews.com Jumat ini (18/8/2017).

Tulang jenazah keluarga kita itu pun tak perlu kita antar ke sana, bisa dikirimkan lewat kantorpos dan selesai. Jadi sangat sederhana sekali dan sangat mudah dan murah. Tentu saja biaya kirim kita yang bayar semua.

Pada awalnya tentu harus daftar lewat internat atau telpon, lalu akan diberikan petunjuk lengkap serta transfer pembayaran 30.000 yen tersebut.

Tulang jenazah keluarga kita dikirimkan lewat kantorpos dengan cara-cara yang telah diberikan petunjuk dari Yayasan tersebut baik lewat telpon maupun lewat email.

Sampai di kuil tersebut, tulang jenazah keluarga kita akan disembahyangkan oleh bhiksu kuil yang bersangkutan supaya arwahnya tenang dan diterima di kuil tersebut bersama arwah lainnya.

Pada lokasi pemakaman tertentu tulang tersebut dikuburkan di sana pada kedalaman tertentu, bersatu dengan tanah.

Lalu mengapa murah sekali?

Halaman
12
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved