Erupsi Gunung Agung

Status Gunung Agung Naik Level Siaga

Gunung Agung kembali mengalami peningkatan aktivitas. Sebelumnya, Gunung Agung telah dinyatakan berstatus Waspada (Level II).

Status Gunung Agung Naik Level Siaga
https://magma.vsi.esdm.go.id/
Status Gunung Agung Naik ke Siaga (Level III). 

TRIBUNNEWS.COM, AMLAPURA - Gunung Agung kembali mengalami peningkatan aktivitas. Sebelumnya, Gunung Agung telah dinyatakan berstatus Waspada (Level II).

Namun, berdasarkan pengamatan https://magma.vsi.esdm.go.id/, gunung tertinggi di Bali itu telah mengalami peningkatan aktivitas lagi sehingga statusnya dinaikkan dari Waspada (Level II) ke Siaga (Level III).

Dalam keterangan https://magma.vsi.esdm.go.id/, gunung yang berada di Kabupaten Karangasem, Bali dengan Longitude: 115.508, Latitude: -8.342, dan Tinggi Puncak: 3142 mdpl itu telah mengalami peningkatan aktivitas sehingga statusnya dinaikkan menjadi Siaga (Level III).

Sesuai data website tersebut, suhu di sekitar gunung berkisar 20.0 hingga 28.0 °C.

Dalam website itu juga dijelaskan, dengan adanya kenaikan status tersebut, maka rekomendasi pada masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas.

Baca: Daftar Wilayah yang Berpotensi Kejatuhan Piroklastik dan Lahar Jika Gunung Agung Meletus

Masyarakat maupun pendaki pun tidak boleh melakukan pendakian dan tidak berkemah di dalam area kawah Gunung Agung dan di seluruh area di dalam radius 6 km dari kawah puncak Gunung Agung atau pada elevasi di atas 950 m dari permukaan laut dan ditambah perluasan sektoral ke arah Utara, Tenggara dan Selatan-Baratdaya sejauh 7.5 km.

Dilansir dari ilmugeografi.com, sebuah gunung awalnya terbentuk dari aktivitas vulkanisme di perut bumi yang waktunya pun sangat lama.

Jenis Gunung Berdasarkan Sifat Erupsi
Ada bermacam macam jenis gunung, mulai dari gunung purba hingga yang masih baru, baik yang terbentuk akibat tenaga tektonik hingga vulkanik.

Namun untuk gunung berapi, terbentuk dari aktivitas vulkanik.

Halaman
1234
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved