Breaking News:

Prostitusi Berkedok Ziarah di Gunung Kemukus Kembali Marak. 18 PSK Terindikasi Idap HIV/AIDS

Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Sragen menertibkan prostitusi berkedok wisata ziarah di Gunung Kemukus yang terletak di Dusun Gunungsari,

(Tribun Jateng/Suharno)
Pemkab Sragen Larang Wisata Seks di Gunung Kemukus. (Tribun Jateng/Suharno) 

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Sragen menertibkan prostitusi berkedok wisata ziarah di Gunung Kemukus yang terletak di Dusun Gunungsari, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Pemkab Sragen menyatakan per 1 Oktober kawasan wisata ziarah Gunung Kemukus harus bebas dari prostitusi, karaoke dan warung-warung remang-remang, seperti dituturkan Sekretaris Daerah Sragen, Tatag Prabawanto.

Diakui Tatag, aktivitas prostitusi di kawasan tersebut terbilang mengkhawatirkan, apalagi 18 pekerja seks komersial (PSK) terindikasi mengidap HIV/AIDS.

Baca: Anggota Satu Keluarga Tewas di Rumah Kontrakan, Semua Wajahnya Menghitam

"Sehingga kami mau tidak mau harus bertindak tegas bahwa mulai tanggal 1 Oktober kami minta seluruh kegiatan yang sifatnya pelanggaran untuk ditutup," ujar Tatag kepada wartawan BBC Indonesia Ayomi Amindoni, Senin (1/2/2017).

Dituturkan oleh Tatag, penertiban ini merupakan langkah awal penataan untuk mengembalikan marwah Gunung Kemukussebagai tujuan wisata religi.

"Jangan sampai dengan wisata religi ini ditumpangi oleh segala macam bentuk penyimpangan norma-norma susila, seperti prostitusi, karaoke, ataupun kegiatan yang melanggar norma-norma susila. Kedua, bagaimana kami harus menghilangkan penyakit masyarakat yang ada di situ," ujar Tatag.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sragen Tasripin memastikan penertiban yang dilakukan lebih komprehensif sehingga tidak menemui kegagalan seperti sebelumnya.

Baca: Pelatih Loncat Indah Malaysia Ditangkap Polisi, Diduga Perkosaan Atlet Binannya

Berdasarkan pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Sragen dan Satpol PP terdapat 73 PSK yang melakukan kegiatan prostitusi di 72 warung remang-remang di sekitar wisata ziarah Gunung Kemukus. Dari jumlah tersebut, 18 diduga mengidap HIV/AIDS.

Halaman
1234
Editor: Samuel Febrianto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved