Breaking News:

10 Ibu Hamil di Tabanan Terjangkit HIV

Dinas Kesehatan (Dinkes) di Tabanan mencatat ada 10 ibu hamil tahun ini yang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Istimewa
Ilustrasi ibu hamil. 

TRIBUNNEWS.COM, TABANAN - Dinas Kesehatan (Dinkes) di Tabanan mencatat ada 10 ibu hamil tahun ini yang terjangkit Human Immunodeficiency Virus (HIV).

Untuk memutus penularan virus dari ibu kepada calon bayi, Dinkes Tabanan menerapkan pemeriksaan HIV untuk ibu hamil di setiap Puskesmas Tabanan.

Meski bukan pemeriksaan wajib, namun tes HIV selalu disarankan bagi setiap ibu hamil yang memeriksakan kandungan ke puskesmas.

Tujuannya untuk mendeteksi dini keberadaan virus sehingga ibu bisa segera mendapatkan terapi dan mencegah virus menular pada janin dalam kandungnya.

Baca: Foto-foto Mewahnya Rumah Terpidana Djoko Susilo yang Bakal Diserahkan ke Pemkot Solo 17 Oktober

"Tahun ini tercatat 10 ibu hamil positif HIV, pada 2016, 11 orang ibu hamil yang tercatat," kata Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, Nyoman Suratmika, Rabu (11/10/2017).

Rata-rata setiap tahun di Tabanan tercatat 5.000 ibu hamil.

Dalam pemeriksaan tes HIV, Tabanan telah mempersiapkan 20 puskesmas, konselor, serta peralatan untuk tes HIV.

"Saat ini di masing-masing puskesmas sudah ada konselor untuk konseling bagi ibu hamil yang ingin menjalani tes HIV serta laboratorium untuk tes HIV," ujarnya.

Tidak semua ibu hamil di Tabanan mau menjalani tes HIV. Tes ini sifatnya saran, bukan untuk dipaksakan.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved