Breaking News:

Fahmi Basya Sebut Candi Borobudur Peninggalan Nabi Sulaiman, Begini Tanggapan Akademisi

Sindung Tjahjadi MHum dari Fakultas Filsafat UGM menyebut teori Fahmi Basya ini sepertinya mendekati penggunaan "utak-atik gathuk"

Editor: Eko Sutriyanto
Istimewa
Candi Borobudur 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA  - Matematikawan dan pendakwah Islam KH Fahmi Basya menantang siapapun untuk membuktikan Candi Borobudur dibangun pada abad 8 oleh Wangsa Syailendra.

Tantangan ini disampaikan Fahmi Basya secara terbuka pada seminar/dialog di Auditorium Fakultas Ilmu Budaya UGM, Sabtu (18/11/2017).

"Silakan, coba mana bukti Borobudur dibuat abad delapan oleh Syailendra. Tidak ada bukti otentik/kuat menunjukkan itu," tantang Fahmi di depan event Festival Arkeologi #3 UGM ini.

Sosok yang mengklaim sebagai penemu Matematika Islam ini pula yang dalam beberapa tahun terakhir getol mengusung tesis Candi Borobudur di Magelang adalah peninggalan Nabi Sulaiman.

Dalam buku kecil yang dibagi-bagi di forum ini, Fahmi Basya memaparkan dalil-dalil dan apa yang disebutnya bukti-bukti guna meyakinkan kebenaran tesisnya tentang Borobudur.

"Buku saya ini ditujukan untuk umat Islam. Di sana ditunjukkan bukti-bukti yang menguatkan Borobudur ini memiliki gambaran yang identik dengan simbol-simbol Islam," kata Fahmi Basya.

Ia juga memaparkan ada hal-hal yang tidak mampu dilakukan manusia, yang mengindikasikan hanya Nabi Sulaiman yang memiliki kuasa terkait keberadaan Borobudur.

"Ada satu stupa tertinggal di Keraton Boko, dan ada satu tempat di Borobudur yang kosong tak ada stupanya," lanjut Fahmi menjelaskan argumen Borobudur dipindahkan dari Boko dengan kekuatan super dan ada bantuan jin.

Selebihnya Fahmi Basya menjelaskan argumentasinya dengan klaim perhitungan matematis kaitan dengan unsur-unsur Islam.

Ada yang disebutnya Piramida 19 dan 23. Piramida 19 karena dasar candi disusun dari 19x19 balok Matematik. Jika ditambah dua lantai di bawahnya,  maka terjadilah Piramida 23.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved