Akuntabilitas Kinerja Meningkat, Pemkab Klungkung Raih Predikat B SAKIP

Penilaian tersebut lebih tinggi dan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang meraih predikat C dengan nilai 45,73.

Akuntabilitas Kinerja Meningkat, Pemkab Klungkung Raih Predikat B SAKIP
IST
Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta saat menerima laporan hasil evaluasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali 

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung mengalami peningkatan di tahun 2017.

Dari Laporan Hasil Evaluasi SAKIP Pemda wilayah II yang diselenggarakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (14/2/2018), tahun ini Pemkab Klungkung berhasil meraih predikat B dengan nilai 62,72.

Penilaian tersebut lebih tinggi dan meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yang meraih predikat C dengan nilai 45,73.

“Saya mengucapkan rasa syukur dan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas keberhasilan ini. Tentunya, keberhasilan yang telah dicapai tidak terlepas dari sistem perencanaan, penganggaran dan evaluasi yang sudah berjalan dengan baik dan terwujudnya birokrasi yang efisien. Selain itu, anggaran untuk program-program kami buat memang lebih diutamakan untuk program prioritas, seperti kesehatan, pendidikan, dan ekonomi,” ujar Bupati Klungkung Bali, I Nyoman Suwirta, dalam keterangan yang diterima, Kamis (15/2/2018).

Selain program yang telah dirancang dengan baik seperti seperti program kesehatan, pendidikan dan ekonomi, keberhasilan tersebut juga diraih berkat kinerja dinas terkait yang selalu bersinergi dan bekerjasama dalam menjalankan program tersebut.

“Meningkatnya predikat Pemkab Klungkung menjadi B merupakan keberhasilan bersama, saya mengucapkan terima kasih kepada dinas terkait yang selalu bersinergi dan bekerjasama dengan baik dalam menjalankan program yang telah dirancang," papar Suwirta.

Dalam program prioritas khususnya bidang pendidikan Pemkab Klungkung telah menjalankan program angkutan siswa gratis.

Program angkutan siswa gratis ini merupakan salah satu cara Pemkab dalam mengurangi angka kecelakaan dan mengurangi angka pelanggaran lalu lintas yang melibatkan siswa.

Program angkutan siswa gratis tersebut juga tidak hanya dijalankan oleh Dinas Pendidikan tetapi melibatkan Dinas Perhubungan yang mendukung program tersebut.

“Saya berharap dengan terjalinnya kerjasama dan saling dukung antar Organisasi Perangkat Daerah menjadikan kinerja antar dinas semakin maksimal dan bisa menjadi penilaian yang baik. Target di tahun berikutnya semoga kinerja kami semakin meningkat dan Kabupaten Klungkung mendapatkan predikat A SAKIP dan predikat A dalam program kerja lainnya,” ujar Suwirta.

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur memberikan apresiasi kepada Kabupaten atau kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Kabupaten atau kota yang telah melakukan upaya-upaya perbaikan nyata bagi peningkatan birokrasi efesien yang salah satu diantaranya Pemkab Klungkung, yang dalam melakukan penggunaan anggaran negara sebesar-besarnya adalah untuk kemakmuran rakyat," jelas Abnur.

Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved