Breaking News:

Bencana Longsor

Retakan Tanah Terus Meluas di Ciamis, 79 Rumah Terancam Ambruk

Terjadi longsor dan gerakan tanah melanda 4 desa juga dipicu hujan lebat dan angin yang hampir tiap hari mengguyur Ciamis

zoom-inlihat foto Retakan Tanah Terus Meluas di Ciamis, 79 Rumah Terancam Ambruk
KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO
ilustrasi longsor

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNNEWS.COM, CIAMIS– Usai terkena puting beliung, Kamis (1/2/2018) lalu yang melanda tiga desa di Rajadesa yang mengakibatkan 284 rumah rusak, dan 17 diantaranya rusak parah kinin mereka menghadappi bencana lain.

Terjadi longsor dan gerakan tanah melanda 4 desa juga dipicu hujan lebat dan angin yang hampir tiap hari mengguyur Ciamis selama seminggu ini.

Retakan tanah menimpa tiga desa masing-masing Desa Tanjungsari, Desa Tigaherang dan Desa Sukaharja yang terus meluas sejak hari Kamis (22/2/2018) dan sampai hari Minggu (25/2/2018) setidaknya 79 rumah sudah mengalami retak-retak dan terancam ambruk.

“Sejak mulai terjadi hari Kamis (22/2/2018) sore sampai hari Minggu (25/2/2018) ini gejala retakan tanah di tiga desa itu terus meluas. Sudah banyak warga yang mengungsi. Lantai dan dinding rumahnya retak-retak, halaman ambles,” ujar Camat Rajadesa, H Didin Saadudin AF kepada Tribun Minggu (25/2/2018).

Menurut Didin, di Desa Tanjungsari peristiwa retakan tanah terjadi di RT 02 Dusun Garunggang, sebanyak 44 rumah terancam ambruk karena sudah retak-retak.

Mulai Sabtu (24/2/2018) warga mengungsi ke Masjid Al Ikhlas di RT yang sama terutama malam hari.

“Semula mereka mengungsi di tetangga dan sanak saudara. Tapi sejak kemarin (Sabtu, 24/2/2018) warga tersebut dievakuasi dan mengungsi di masjid setempat, masjid Al Ikhlas Terutama pada malam hari atau saat hujan turun. Rumah dikosongkan. Proses gerakan tanahnya masih berlangsung. Tidak hanya rumah yang retak-retak, jalan kampung juga rengkah-rengkah dan ambles,” katanya.

Di Desa Tigaherang gerakan dan retakan tanah terjadi di Dusun Padaroke sebanyak 23 rumah terancam.

Sebanyak 8 rumah sudah dikosongkan oleh penghuninya yang memilih mengungsi ke rumah tetangga maupun rumah sanak saudaranya.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved