Wayang Ajen Kembali Beraksi di Lapang Bakti, Kota Banjar

Wayang Ajen akan kembali beraksi. Sabtu (17/3), Wayang yang sangat kondang itu akan tampil di Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat.

Wayang Ajen Kembali Beraksi di Lapang Bakti, Kota Banjar
ist

TRIBUNNEWS.COM, BANJAR – Wayang Ajen akan kembali beraksi. Sabtu (17/3), Wayang yang sangat kondang itu akan tampil di Lapang Bakti, Kota Banjar, Jawa Barat. 

Momennya adalah memeriahkan puncak HUT ke-15 Kota Banjar. Acara ini merupakan dukungan penuh Kementrian Pariwisata (Kemenpar) melalui branding Pesona Indonesia.

Wayang Ajen akan tampil membawakan seni pertunjukan berbasis media digital. Menurut Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kota Banjar, Nana Suryana mengatakan, perayaan puncak HUT ke-15 Kota Banjar dibagi menjadi dua segmen.

Pertama bertajuk Wisata Edukasi Anak Banjar Gemar Wayang, dihelat mulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Segmen kedua, Semarak Wayang Ajen yang digelar malam hari mulai pukul 20.00 WIB.

Nana menjelaskan bahwa, wayang Ajen adalah salah satu wayang kebanggaan tanah air yang telah diapresiasi di 51 negara. Wayang Ajen selalu menyuguhkan tampilan yang menghibur. Dan tentu saja sarat dengan nilai-nilai budaya.

"Wayang Ajen adalah kelompok seni wayang yang sudah dikenal. Karenanya, kami berkolaborasi dengan Wayang Ajen untuk mempromosikan potensi pariwisata dan budaya melalui seni pertunjukan, dan mengangkat pariwisata Banjar," ujar Nana, Rabu (15/3) lalu.

Kata Nana, Wayang Ajen dikenal dengan suguhan yang menghadirkan tafsir baru. Juga mampu membaca tradisi dengan cara-cara modern sehingga menjadi sesuatu yang berbeda. Wayang Ajen Merekonstruksi suatu peristiwa yang disesuaikan dengan format kekinian.

Wayang Ajen mengkolaborasikan wayang golek, multimedia, komposisi musik, dan seni lainnya dalam sebuah pertunjukan. Wayang ini juga didukung penataan artistik panggung, keserasian tata cahaya, serta kostum yang harmonis, layaknya sebuah konser yang diminati anak muda. 

Deputi Pemasaran Nusantara I Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, berharap suguhan Wayang Ajen dapat meningkatkan promosi wisata di Kota Banjar dan Jawa Barat. Dengan jarak yang relatif dekat dari Jakarta, menjadikan Jawa Barat sebagai salah satu destinasi utama wisatawan, terutama nusantara.

"Dengan demikian minat wisatawan untuk berkunjung ke Jawa Barat semakin tinggi. Yuk ke Kota Banjar, nikmati suguhan budayanya. Nikmati ragam wisata lainnya," ujar Pitana didampingi Asisten Deputi Pemasaran 1 Regional II Sumarni. .

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved