Breaking News:

Adri Patton Nilai Pesawat N-219 Pas untuk Permudah Layanan Warga Perbatasan

Pesawat itu bisa mendukung mobilitas masyarakat perbatasan yang membutuhkan jasa angkutan cepat dan mendesak.

Editor: Eko Sutriyanto
Istimewa
Gubernur Kaltara Irianto Lambrie (tengah) dan wakilnya Udin Hianggio (kiri) bersama Ketua DPRD Marten Sablon mengabadikan momen di depan pesawat N-219 di markas PT Dirgantara Indonesia di Bandung beberapa waktu lalu. 

Laporan wartawan Tribun Kaltim Muhammad Arfan

TRIBUNNNEWS.COM, TANJUNG SELOR - Rencana pemprov Kalimantan Utara membeli seunit pesawat N-219 yang diproduksi PT Dirgantara Indonesia direspon baik Rektor Universitas Borneo Tarakan, Prof Dr Adri Patton.

Adri berpendapat, langkah Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie itu perlu diacungi jempol. Memang menelan cukup banyak anggaran, hampir Rp 80 miliar per unit.

Namun melihat sisi manfaatnya, pesawat itu bisa mendukung mobilitas masyarakat perbatasan yang membutuhkan jasa angkutan cepat dan mendesak.

"Taruhlah misalnya untuk mengangkut orang sakit. Pesawat N-219 itu bisa menjangkau masyarakat di perbatasan sana. Bisa menyuplai bahan makanan, obat-obatan, bahkan mengangkut tenaga dokter dan guru ke daerah terpencil," kata Adri Patton kepada Tribun, Rabu (21/3/2018).

Kabupaten Malinau dan Nunukan dituturkan Adri harus diprioritaskan sebagai daerah jangkauan N-219.

Mengingat dua daerah itu yang masih kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok. Apalagi menyangkut kelancaran akses darat.

"Beberapa daerah di perbatasan masih terisolasi karena belum ada jalan tembus. Maka harus naik pesawat. Frekuensi penerbangan perlu ditingkatkan, walaupun selama ini sudah ada maskapai perintis yang rutin pulang pergi," ujarnya.

Selain meningkatkan layanan moda transportasi udara ke perbatasan, pemerintah dan pemerintah daerah kata Adri Patton mesti menuntaskan proyek-proyek pembukaan isolasi perbatasan.

Ia mengatakan, selama akses jalan darat belum tembus dan cukup layak dilalui, maka Kalimantan Utara akan terus tergantung pada program subsidi pengangkutan udara baik terhadap penumpang maupun barang.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved