Duh, Seperti Ini Kenyataannya, Bus Sudah Uzur dan Banyak Masalah Malah Dijadikan Bus Pariwisata

Puluhan bus pariwisata terjaring Operasi Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang digelar UPT LLAJ Probolinggo

Duh, Seperti Ini Kenyataannya, Bus Sudah Uzur dan Banyak Masalah Malah Dijadikan Bus Pariwisata
surabaya.tribunnews.com/galih lintartika

TRIBUNNEWS.COM, PASURUAN - Puluhan bus pariwisata terjaring Operasi Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang digelar UPT LLAJ Probolinggo, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur tipe B di area parkir Masjid Cheng Hoo, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jumat (23/3/2018) sore.

Operasi ini melibatkan petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Dinas Perhubungan Pasuruan, Polisi Militer, dan Polres Pasuruan. 

Sasarannya adalah bus pariwisata

Dalam pemeriksaan ini, tim penguji dari Dishub memperoleh sejumlah temuan yang mengejutkan.

Mulai bus yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), buku uji KIR, dan masih banyak lagi.

Pelanggaran paling banyak itu ditemukan di bus pariwisata E 7693 YA.

Dalam bus pariwisata ini, petugas banyak menemukan pelanggaran. Bahkan, bus ini sudah tidak memenuhi standar kelaikan jalan yang sudah ditentukan.

Pertama, urusan administrasi, ada indikasi pemalsuan data. Secara lokasi, bus ini dikeluarkan di Cirebon. Namun, buku kir bus ini dikeluarkan di bekasi.

"Buku uji kir itu dikeluarkan dari kendaraan itu berasal. Misal, keluarnya dari Cirebon, ya buku uji kirnya harus dari Cirebon juga," kata Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional, Chisiqiel.

Dia menjelaskan, ini ada upaya untuk memanipulasi data.  Bahkan, ia menemukan fakta bahwa kendaraan ini sudah berusia 27 tahun, alias bus keluaran tahun 1991.

Halaman
12
Editor: Sugiyarto
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved