141 Koperasi di Jepara Terancam Dibubabarkan, Ini Penyebabnya

Sebanyak 141 koperasi yang ada di Jepara masuk kategori tidak aktif diusulkan ke ementerian Koperasi dan UKM untuk dibubarkan.

141 Koperasi di Jepara Terancam Dibubabarkan,  Ini Penyebabnya
IST
Lambang koperasi

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Rifqi Gozali

TRIBUNNEWS.COM, JEPARA – Sebanyak 141 koperasi yang ada di Jepara masuk kategori tidak aktif. Oleh sebab itu, koperasi tersebut telah diusulkan kepada Kementerian Koperasi dan UKM untuk dibubarkan.

Melihat kondisi tersebut, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi mengatakan, pihaknya koperasi yang tidak aktif itu sudah tidak lagi memberikan laporan kegiatan.

“Saya meminta kepada segenap insan koperasi di Jepara serta seluruh stakeholder terkait, marilah peringatan Hari Koperasi (Harkop) ke-71 ini kita jadikan sebagai momentum untuk melakukan revitalisasi koperasi,” kata Marzuqi saat memipin apel Hari Koperasi ke-71 di Alun-alun Jepara, Jumat (29/6/2018).

Dikatakan Ahmad Marzuqi, tidak aktifnya koperasi yang ada di Jepara merupakan seperlima dari jumlah koperasi yang ada di Jepara. Yakni sebanyak 744 koperasi.

Menurut Marzuqi, perlu respons cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan agar mampu meningkatkan daya saing gerakan koperasi di tengah persaingan global.

Sehingga koperasi dapat kembali sebagai soko guru perekonomian Indonesia.

“Dengan kesadaran kolektif bersama-sama kita bangun perkoperasian di Kabupaten Jepara yang maju, sehat, kuat, mandiri dan tangguh, sebagai perwujudan dari ekonomi kerakyatan, yang Dari, Oleh, dan Untuk Kesejahteraan Rakyat,” katanya.

Meski begitu Marzuqi tetap bersyukur, pasalnya data dari Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Ketenagakerjaan (Diskop UKM Nakertrans) Kabupaten Jepara, menunjukkan bahwa kinerja pembangunan sektor koperasi terus bergerak positif dari waktu ke waktu.

“Terbukti sampai dengan saat ini persentase koperasi aktif di Jepara berada pada kisaran 81,05 persen, atau setara dengan 603 koperasi aktif,” ujarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul 141 Koperasi Tak Aktif di Jepara Bakal Dibubarkan

Editor: Sugiyarto
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved