Breaking News:

Puluhan Warga Jadi Korban Arisan Bodong

Puluhan korban arisan bodong bernilai ratusan juta rupiah mengadu ke kantor Polsek Wonomulyo Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (14/7/2018).

KOMPAS.com/Amriza Nursatria
Ilustrasi korban aksi penipuan bertajuk investasi modal dan arisan online. 

TRIBUNNEWS.COM, POLEWALI - Puluhan korban arisan bodong bernilai ratusan juta rupiah mengadu ke kantor Polsek Wonomulyo Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Sabtu (14/7/2018).

Para korban yang datang dari berbagai kecamatan, baik dari Polewali Mandar maupun dari luar kabupaten, mengaku telah menyetorkan dana arisan puluhan hingga ratusan juta rupiah kepada pelaku DD dan IRM, suami istri asal Dusun Pohayam, Desa Sumberjo, Kecamatan Wonomulyo, Polewali Mandar.

Arisan bodong yang sudah berjalan beberapa bulan itu terbongkar setelah sejumlah nasabah atau anggota yang seharusnya sudah menerima uang arisan saat jatuh tempo seperti dijanjikan kedua pelaku tak kunjung menerimanya.

Baca: Menteri Rini Telah Serahkan Tiga Nama Calon Dirut Pertamina kepada Jokowi

Saat ditagih, pelaku bukannya membayarkan arisan, namun malah menghindar dan kabur membawa uang nasabah yang jumlahnya mencapai Rp 500 juta.

Polisi mencatat, para korban arisan bodong tersebut tersebar di beberapa wilayah Polman, seperti Kecamatan Wonomulyo dan Polewali. Korban datang dari berbagai kalangan, mulai dari wiraswasta hingga PNS.

Untuk meyakinkan calon nasabahnya, pelaku diduga mencatut nama-nama orang terkenal di daerahnya sebagai nasabah yang sudah bergabung dengan mereka.

Dalam transaksi ini, pelaku juga menerima uang secara tunai. Namun, para korban tidak diberi surat berupa kuitansi sebagai bukti setoran kepada pelaku.

Para korban, termasuk Muli, juga mengaku tak memintanya karena mengandalkan saling percaya.

Tergiur

Seorang korban bernama Muli mengaku mengalami kerugian lebih dari Rp 70 juta. Muli mengaku, awalnya tidak percaya dengan arisan tersebut.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved