Tim Arkeologi Temukan Benda Prasejarah di Gua Pegunungan Meratus

Beberapa benda diduga sisa prasejarah adalah cincin batu, tulang hewan berukuran cukup besar, kapak dari batu biasa digunakan manusia prasejarah

Tim Arkeologi Temukan Benda Prasejarah di Gua Pegunungan Meratus
Istimewa
Benda diduga prasejarah yang ditemukan tim arkeologi saat melakukan penelitian di beberapa gua di Kecamatan Kelumpang Barat dan Hampang, Kabupaten Kotabaru. 

Laporan Wartawan Banjarmasin Post Helriansyah

TRIBUNNEWS.COM, KOTABARU - Tim Balai Arkeologi Kalimantan Selatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeksplorasi arkeologi kawasan pegunungan meratus berada di wilayah Kabupaten Kotabaru.

Selain di wilayah Bungkukan, Kecamatan Kelumpang Barat tim arkeologi juga melakukan penelitian di Kecamatan Hampang yang sebelumnya dicurigai terdapat situs prasejarah di Liang Batulis.

Alhasil penelitian dilakukan tim berlangsung selama 20 hari, dimulai dari 23 Juli hingga 11 Agustus ditemukan beberapa benda unik diduga kuat sisa prasejarah.

Sekretaris Camat, kantor Kecamatan Hampang Ary Mardani kepada banjarmasinpost.co.id, Selasa (7/8/2018) petang membenarkan beberapa benda diduga sisa prasejarah ditemukan tim arkeologi di beberapa gua, di antaranya gua--Liang Batulis--.

Menurut Ary, beberapa benda diduga sisa prasejarah tersebut di antaranya cincin batu, tulang hewan berukuran cukup besar, kapak dari batu biasa digunakan manusia prasejarah, lukisan mata berada di dinding gua, dan kerang prasejarah.

"Diperkirakan oleh arkeologi dari barang-barang yang ditemukan 5.000 SM," kata Ary kepada banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkan dia, temuan benda-benda peninggalan zaman purbakala, oleh tim arkeologi akan dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Hari ini tim arkeologi akan pulang ke Banjarmasin dan besok sebagian akan melaporkan hasil penelitian pendahuluan ke dinas kebudayaan dan pariwisata," tandas Ary.

Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved