Abubakar Perintahkan Kepala Dinas Setor Dana untuk Pemenangan Istrinya di Pilkada Bandung Barat 2018

Bupati Bandung Barat non aktif, Abubakar memerintahkan semua kepala dinas menyetor dana untuk pemenangan Elin Suharliah - Maman S Sunjaya di Pilkada.

Abubakar Perintahkan Kepala Dinas Setor Dana untuk Pemenangan Istrinya di Pilkada Bandung Barat 2018
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Bupati Bandung Barat nonaktif, Abubakar menjalani sidang pertama kasus gratifikasi dari para kepala dinas di Pemkab Bandung Barat. Sidang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung, Jalan LLRE Martadinata Bandung, Senin (27/8/2018). TRIBUN JABAR/MEGA NUGRAHA 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Bupati Bandung Barat non aktif, Abubakar memerintahkan semua kepala dinas menyetor dana untuk pemenangan Elin Suharliah - Maman S Sunjaya di Pilkada Bandung Barat 2018. Elin adalah istri dari Abubakar.

"Sekitar awal Februari 2018, saat rapat di kantor Pemkab Bandung Barat menegaskan kepada dinas yang hadir agar ikut membantu mensukseskan pencalonan Elin Suharliah - Maman S Sunjaya di Pilkada Bandung Barat 2018," ujar jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada sidang pertama Abubakar dengan agenda pembacaan dakwaan di ruang sidang 1 Pengadilan Tipikor Pada Pengadilan Negeri Bandung, Senin (26/8/2018).

Tidak hanya itu, ia juga mengancam para kepala dinas yang tidak menyetorkan uang.

Sehingga, para kepala dinas akhirnya rela menyetorkan sejumlah uang dengan total Rp 860 juta secara bertahap.

"Terdakwa juga menyampaikan kalimat yang pada pokoknya bahwa ada kepala dinas yang tidak mau membantu maka akan diganti jabatannya," ujar jaksa.

Baca: Bupati Bandung Barat Nonaktif Abubakar Terima Setoran Rp 860 Juta dari Para Kepala Dinas

Perintah dan ancaman Abubakar kemudian ditindaklanjuti Kadisperindag Weti Lembanawati dan Adiyoto selaku Kepala Bappelitbangda Bandung Barat untuk menghimpun dana.

Keduanya jadi terdakwa dalam kasus yang sama dengan berkas terpisah.

"Saudara Adiyoto menegaskan dengan mengatakan,'Pimpinan (terdakwa selaku Bupati Bandung Barat) lagi butuh, kita mesti ingat lah, kita kasih supporting, kita bantu untuk pilkada," ujar jaksa menirukan ucapan Adiyoto.

Weti, kata jaksa, mengatakan hal yang sama pada para kepala dinas.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved