Breaking News:

Tsunami di Banten dan Lampung

Tunggu Instruksi, PMI Tangsel Siapkan Personel dan Peralatan Bantu Evakuasi Korban Tsunami

"Ya kita sudah siap semua sebenarnya, personelnya sudah siap, ambulans sudah siap, hanya tinggal menunggu saja, menunggu perintah saja," tambahnya

TRIBUN/HO/POLDA BANTEN
Petugas Kepolisian menyelamatkan Ali, seorang bocah korban selamat tsunami di Hotel Mutiara Carita, Labuan, Pandeglang, Banten, Minggu (23/12/2018). Tsunami menyerang pesisir Banten pada Sabtu malam 22 Desember 2018. Minimal 40 orang dinyatakan meninggal dan ratusan lainnya hilang dalam tragedi tersebut. TRIBUNNEWS/HO/POLDA BANTEN 

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG SELATAN - Palang Merah Indonesia (PMI) Tangerang Selatan (Tangsel) sudah siap personel dan alat-alat yang dibutuhkan jika diminta untuk membantu proses evakuasi korban tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu malam (22/12/2018) kemarin.

Sekretaris PMI Tangsel, Adji Ekawarman, megatakan, PMI tidak bisa asal bergerak, pihaknya harus memastikan betul peralatan dan jumlah personel yang dibutuhkan.

Baca: Di Sela Blusukan ke Toraja, Jokowi Tetap Pantau Bencana Tsunami di Selat Sunda

"Memang SOP kita adalah kita akan menunggu dulu data di sana. Data apa saja yang dibutuhkan, apa saja yang bisa dipenuhi oleh mereka di sana, apa yang kita bisa, sehingga kita harus datang membawa itu," ujar Adji, selapas acara pengukuhan pengurus PMI Tangsel, di Restoran Telaga Seafood, Serpong, Tangsel, Minggu (23/12/2018).

"Ya kita sudah siap semua sebenarnya, personelnya sudah siap, ambulans sudah siap, hanya tinggal menunggu saja, menunggu perintah saja," tambahnya.

Adji mengatakan, pendataan peralatan yang dibutuhkan menjadi penting agar proses evakuasi dan bantuan bisa berjalan sesuai kondisi di lokasi bencana, dan tidak membebani.

"Kalau di sana cukup, ya kita bawa yang lain, karena apa, barang yang kita bawa itu harus terpakai. Jangan sampai kita sudah bawa apa-apa, ah yang penting bawa dulu, di sana ternyata sudah ada, kan membebani," jelasnya.

Adji memaparkan, biasanya dalam proses evakuasi korban bencana, peralatan yang dibutuhkan adalah kantong jenazah, tandu dan alat pertolongan pertama.

"Kalau untuk darah justru enggak. Kantong jenazah, tandu, ya perlengkapan-perlengkapan pertolongan pertama itu yang lebih penting kita bawa ke sana," ujarnya.

Baca: Video Evakuasi Korban yang Tertimbun Puing Bangunan akibat Diterjang Tsunami

Saat ini, Adji mengatakan, PMI setempat masih bisa menangani proses evakuasi. Ia juga mengatakan, jarak lokasi yang tidak terlalu jauh, membuat pihaknya akan sampai lokasi tidak lebihbdari tiga jam, jika ada instruksi.

"Begitu dipanggil, paling dua jam ke sana. Kan gawat dsrurat itu minimum enam jam kita harus sudah respons," ujarnya.

Penulis: Jaisy Rahman Tohir

Berita ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul: Siap Personel dan Peralatan, PMI Tangsel Tunggu Instruksi Bantu Evakuasi Korban Tsunami Selat Sunda

Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved