Sempat Turun Hujan Es Sebelum Angin Puting Beliung Menerjang Cicantayan Sukabumi

Hujan es sempat turun beberapa saat sebelum akhirnya angin puting beliung menerjang Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat.

Sempat Turun Hujan Es Sebelum Angin Puting Beliung Menerjang Cicantayan Sukabumi
Kompas.com/Budiyanto
Seorang warga membersihkan pohon tumbang terdampak bencana angin puting beliung di Desa Lembursawah, Cicantayan, Sukabumi,Jawa Barat, Jumat (22/2/2019). KOMPAS.com/BUDIYANTO 

TRIBUNNEWS.COM, SUKABUMI - Hujan es sempat turun beberapa saat sebelum akhirnya angin puting beliung menerjang Kecamatan Cicantayan, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (22/2/2019) sore.

Turunnya butiran es seukuran kelereng itu diakui sejumlah warga di beberapa kampung.

Berdasarkan data sementara dari Kecamatan Cicantayan, bencana angin puting beliung ini melanda empat desa, yakni Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan.

Jumlah bangunan terdampak sedikitnya 50 unit rumah.

"Ya, tadi saat hujan deras disertai petir, juga ada hujan es seukuran kelereng. Setelah itu barulah ada angin kencang," kata Ipa Farida (29), salah satu warga kepada Kompas.com di Kampung Genteng, Desa Lembursawah, Jumat petang seperti dikutip Tribunnews.

Dia menuturkan, sebelum terjadi angin kencang, ia sedang berada di dalam rumah. Sebab, saat itu hujan turun dengan deras disertai petir serta angin kencang.

"Mendengar suara berisik di atas genting, lalu keluar ternyata ada hujan es. Namun setelah itu angin bertiup sangat kencang, saya masuk lagi karena takut terbawa angin," kata Ipa.

Enung Rohani (53), seorang pemilik warung di Kampung Kadupugur, Desa Cijalingan, juga mengaku sempat melihat ada butiran es seukuran kelereng turun bersamaan dengan hujan deras disertai angin kencang dan petir.

"Awalnya beberapa galon air yang kosong tertiup angin kencang hingga keluar. Lalu saya ambil, pas keluar warung kepala saya terasa ada yang berbeda air hujannya, ternyata hujan es," tutur Enung, pemilik warung di Jalan Raya Sukabumi-Bogor, Kampung Kadupugur.

Baca: Menko Luhut: Penguasaan Lahan Bukan Rahasia, Silakan Lihat Berapa Tanah Saya

Camat Cicantayan Sendi Apriyadi mengatakan, bencana angin puting beliung yang melanda wilayahnya terjadi di empat desa, yaitu Lembursawah, Cijalingan, Cimahi dan Cicantayan.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved