Bus Sakoci Diluncurkan, Rutenya Melalui Tempat-tempat Bersejarah di Kota Cimahi

Pemerintah Kota Cimahi meluncurkan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) di sela kegiatan car free day (CFD) di Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi

Editor: Dewi Agustina
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Bus Sakoci saat diluncurkan di kegiatan car free day, Minggu (3/3/2019). TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNNEWS.COM, CIMAHI - Pemerintah Kota Cimahi meluncurkan bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) di sela kegiatan car free day (CFD) di Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi, Minggu (3/3/2019) setelah tiga kali sempat tertunda.

Dalam peluncuran bus ini, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna untuk kedua kalinya melakukan test drive dengan membawa sejumlah penumpang berkeliling ke sejumlah ruas jalan yang ada di Kota Cimahi.

Ajay berkeliling di antaranya ke Jalan Cihanjuang, Jalan Amir Mahmud, Jalan Gandawijaya, dan kembali lagi ke lokasi CFD di Jalan Demang Hardjakusumah.

Ia mengatakan, peluncuran bus ini membuat kegiatan CFD lebih istimewa karena bus hibah dari Provinsi Jawa Barat yang ditunggu masyarakat secara resmi sudah diluncurkan.

Baca: Mobil yang Ditumpangi Bupati Demak Kecelakaan, Sang Ajudan Meninggal

"Car free day kali ini lebih istimewa karena berbarengan dengan peluncuran pertama Sakoci atau sarana yang bisa digunakan masyarakat umum untuk mengunjung tempat bersejarah di Kota Cimahi," ujar Ajay M Priatna saat ditemui seusai peluncuran Sakoci.

Dengan adanya peluncuran bus Sakoci ini, Ajay berharap tempat-tempat wisata yang ada di Kota Cimahi bisa semakin dikenal masyarakat luas.

Peluncuran Bus Sakoci_1
Bus wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) di-test drive oleh Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna. Ajay mengelilingi sejumlah ruas Jalan Kota Cimahi, Selasa (25/12/2018). TRIBUN JABAR/HILMAN KAMALUDIN

Bus ini sebagai penunjang wisata Military Tourism yang beberapa waktu lalu juga sudah diluncurkan.

"Tujuannya agar masyarakat seluruh Indonesia tahu di Kota Cimahi banyak terdapat tempat wisata yang tidak dimiliki tempat lain. Di sini banyak bangunan bersejarah abad ke-18 dan abad ke-19," katanya.

Nantinya rute yang diambil untuk wisatawan yang naik Sacoci, di antaranya, Kampung Adat Cireundeu, Makam Kerkof, Gedung Cimahi Technopark, Pusdik Armed, Penjara Poncol, dan ke tempat bersejarah lainnya.

"Semuanya sudah siap, kami sudah mendatangi instansi militer karena bangunan bersejarah dimiliki mereka. Untuk itu kami sudah bekerja sama dan bersinergi agar pengunjung bisa diperbolehkan masuk," katanya.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Bus Sakoci Akhirnya Diluncurkan, Rutenya Lalui Tempat-tempat Bersejarah di Kota Cimahi

Sumber: Tribun Jabar
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved