Pekerja PT TUB Tewas Terjepit Pompa Minyak

Sawal Pulungan, pekerja di PT Drydock Word Pratama Kecamatan Batu Aji Kota Batam, meninggal di tempat setelah kena hantam mesin pompa minyak.

Pekerja PT TUB Tewas Terjepit Pompa Minyak
Istimewa
Sawal Pulungan (29) pekerja PT TUB Kecamatan Batu Aji Kota Batam, meninggal di tempat setelah kena hantam mesin pompa minyak, Senin (4/3/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Sawal Pulungan (29), pekerja di PT Drydock Word Pratama Kecamatan Batu Aji Kota Batam, meninggal di tempat setelah kena hantam mesin pompa minyak, Senin (4/3/2019).

Saat itu dia hendak menurunkan L-O PUMP (pompa minyak) di ruangan Engine Room.

Informasi yang dihimpun Tribun Batam, Selasa (5/3/2019), Kapolsek Batuaji Kompol Syafruddin Dalimunthe mengatakan, korban bersama tiga rekannya sedang melakukan pengerjaan perbaikan pompa minyak.

"Awalnya pompa minyak itu diangkat dan di-repair, setelah selesai memperbaiki pompa tersebut hendak dipasang kembali," kata Syafruddin.

Untuk menurunkan pompa minyak tersebut korban menggunakan crane berkekuatan 1 ton.

Setelah itu pompa digeser dengan crane berkekuatan tiga ton, namun saat penggeseran tersebut belting crane tiga ton belum terpasang, saat itu mesin tersebut terjatuh dan terhempas ke korban.

Baca: Korban Salah Tangkap Kasus Pemerkosaan Bidan Y: Lajulah Kalo Aku Nak Ditembak

"Mesin pompa itu awalnya menghantam wajah korban dan selanjutnya, menghantam dada korban yang selanjutnya menjepit korban," kata Syafruddin.

Kejadian tersebut pertama diketahui oleh tiga rekan korban yakni Ajang Hermawan, Purnama Putra, Leo Ramses, dan Wiji Heriadi.

"Mereka ini satu tim, bagian teknisi," kata Syafruddin.

Dia mengatakan, korban merupakan karyawan Subcon di perusahaan tersebut dari PT TUB yang sedang memperbaiki mesin pompa minyak di kapal IBN AL ABBAR di lokasi PT Drydock Word Pratama.

"Kita sudah lakukan olah tempat kejadian perkara, korban susah kita serahkan kepada keluarga, karena keluarga menolak untuk dilakukan autopsi," kata Syafruddin.

Dia juga mengatakan dari penyidikan sementara dan keterangan saksi-saksi, korban meninggal karena terhempas pompa minyak yang sedang dikerjakan.

"Kita masih kembangkan kasusnya, apakah ada kelalaian, dalam kejadian tersebut," kata Syafruddin. (Tribunbatam.id/ian sitanggang)

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Setelah Wajah dan Dada Terhantam Mesin, Sawal Tewas Terjepit Mesin Pompa Minyak

Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Batam
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved