Tol Dalam Kota Bandung Segera Dibangun Setelah 14 Tahun Mangkrak

Pembangunan Jalan Tol Bandung Intra Urban Tol Road/BIUTR atau tol dalam kota segera direalisasikan setelah 14 tahun mangkrak.

Tol Dalam Kota Bandung Segera Dibangun Setelah 14 Tahun Mangkrak
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR) yang akan menghubungkan Pasteur, Surapati, Ujungberung, hingga Gedebage, tepatnya di Tol Purbaleunyi KM 149, terhambat pembebasan lahan sepanjang 2 kilometer di antara Jalan Raya Soekarno Hatta sampai Tol Purbaleunyi KM 149. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pembangunan Jalan Tol Bandung Intra Urban Tol Road/BIUTR atau tol dalam kota segera direalisasikan.

"Rencana pembangunan tol dalam kota ini sejak 2005, namun banyak kendala sehingga baru bisa dilanjutkan tahun ini," ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Balai Kota Bandung, Senin (11/3/2019).

Oded mengatakan, pembangunan ini didanai oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi dan pihak swasta yaitu PT Wijaya Karya (Wika), PT Marga Utama Nusantara (MUN) dan PT Summarecon Agung (SMRA) yang tergabung dalam satu konsorsium.

"Pemerintah Kota Bandung dalam hal ini hanya membantu menyiapkan percepatan perizinan, dan menikmati manfaat," tambah Oded.

Harapan Oded, pembangunan ini berjalan lancar, karena manfaatnya akan sangat terasa untuk warga Kota Bandung.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap mendukung penuh untuk percepatan pembangunan BIUTR.

Proyek BIUTR ini merupakan pembuatan jalan tol dalam Kota Bandung mulai dari Tol Pasteur kemudian menyusuri jalan utama wilayah utara menyusuri Jalan Pasupati ke Jalan PHH Mustopa, melewati Cicaheum dan sejalur Jalan AH Nasoetion menuju Ujungberung.

Kemudian berbelok ke arah Gedebage yang kini sudah terbangun interchange dari Tol Cileunyi di KM 149.

Baca: Polisi Bakar Benda Mirip Jenglot yang Meresahkan Warga Pantai Gilimanuk

"Berdasarkan paparan tadi, mudah-mudahan ini bisa berjalan lancar. Kalau dimulai 2019 ini bisa sampai tahun 2023 selesai. Panjangnya hampir sekitar 22 kilometer," ujar Oded.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved