Sekda Pemkab Tasikmalaya Sudah Tahu Pemotongan Dana Hibah Sejak Awal

Semua terdakwa sudah mengembalikan kerugian negara. Namun, terdakwa Setiawan yang menerima dana Rp 385 juta dan terdakwa Mulyana

Sekda Pemkab Tasikmalaya Sudah Tahu Pemotongan Dana Hibah Sejak Awal
Tribun Jateng/Wid
Bandar obat terlarang harus pandai merawat konsumen dan bermain dengan oknum petugas 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG-Dua terdakwa kasus korupsi hibah Pemkab Tasikmalaya, Eka dan Alam, keduanya dari unsur ASN Pemkab Tasikmalaya menyebut pemotongan dana hibah untuk 21 penerima sudah diketahui oleh terdakwa Sekda Pemkab Tasikmalaya, Abdulkodir jauh sebelum saat kasus ini terendus oleh polisi.

"Bahwa dari awal pak sekda sudah tahu dana itu bersumber dari yayasan, sesuai perintah awal dari pak sekda," ujar Eka di persidangan hari Rabu (18/3/2019) di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Bandung. Sidang itu mengagendakan pemeriksaan terdakwa.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh terdakwa Alam. Menurutnya, ia dan Ek‎a diperintah oleh Sekda Abdulkodir untuk mencairkan dana hibah kemudian setelah cair, uang dipotong dan dana diserahkan ke Sekda Abdulkodir.

Seperti diketahui, Abdulkodir menerima uang itu karena permintaan Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum, yang minta dicarikan dana untuk membeli hewan kurban dan kegiatan keagamaan.

"Iya betul. Pak Sekda sudah tahu kalau dana yang diberikan itu dari penerima hibah," ujar Alam.

Pada sidang pekan lalu, Abdulkodir mengaku baru tahu ada pemotongan saat diperiksa polda. Menurut keduanya, keterangan itu tidak benar.

"Tidak benar kalau pak Sekda mengetahui dana tersebut setelah diperiksa di Polda Jabar," ujar Alam. Menurut Eka, menambahkan, sedari awal Abdulkodir sudah memberitahu.

"Karena dari awal pak sekda sudah meminta ke kami berdua," ujar Eka.

Tim penasehat hukum Eka dan Alam mengkonfrontir hal itu ke Abdulkodir dan dibenarkan olehnya. Dalam kasus ini, negara dirugikan Rp 3,9 miliar dari perbuatan pemotongan dana hibah. Dana dipotong setelah diterima oleh penerima.

Halaman
12
Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved