Pemilu 2019

Kelelahan Persiapkan TPS, Dua Petugas KPPS di Bandung Meninggal Menjelang Pencoblosan

Dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di dua Kecamatan Kota Bandung dilaporkan meninggal

Kelelahan Persiapkan TPS, Dua Petugas KPPS di Bandung Meninggal Menjelang Pencoblosan
Net
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Dua petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di dua Kecamatan Kota Bandung dilaporkan meninggal dunia sebelum hari H pencoblosan Pemilu 2019.

Kedua petugas KPPS itu berasal dari Kecamatan Rancasari dan Kecamatan Sumur Bandung, namun sayangnya hingga berita ini dilaporkan Ketua KPU Kota Bandung masih belum bisa memberikan informasi secara merinci.

Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan kedua petugas yang meninggal tersebut laporannya sudah diterima.

Keduanya meninggal diduga karena kelelahan saat membuat TPS dan mempersiapkan semua kelengkapan untuk pencoblosan di wilayahnya tersebut.

Baca: Tak Terpilih, Caleg PDIP di Tasikmalaya Terkena Serangan Jantung Lalu Meninggal

Baca: Sejumlah Pendukung Prabowo Salat Ashar di Bawah Guyuran Hujan

"Dia meninggal satu hari sebelum pemungutan suara karena pembuatan TPS kelelahan dan lain sebagainya memang ada dua orang yang meninggal di Kecamatan Rancasari dan Sumur Bandung.

Tapi, saya lupa lagi nama dan nomor TPS-nya, yang jelas ada di Rancasari dan Sumur Bandung," ujar Suharti di kantornya, Jumat (19/4/2019).

Dengan adanya kejadianya tersebut, Suharti turut belasungkawa dan menurutnya pemerintah juga harus memberikan perhatian lebih terhadap petugas KPPS disetiap TPS dalam pesta demokrasi Pemilu 2019.

"Dan itu semestinya menjadi perhatian pemerintah. Penyelenggara dituntut full 24 jam melaksanakan itu tapi tidak ada jaminan kesehatan untuk mereka.

Ketua KPPS itu hanya 550 ribu dan 500 ribu untuk anggota dengan beban honor yang sedikit tapi beban kerja yang lumayan besar," ujarnya.

Ia pun meminta kepada partai politik untuk memahami para petugas penyelenggara pada Pemilu 2019, yang sudah bekerja secara maksimal.

"Kita berharap partai politik dan lain sebagainya memahami hal itu. Mereka mau menyelesaikan sampai tuntas pun merupakan suatu yang luar biasa," ujarnya. (*)

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Dua Petugas KPPS di Dua Kecamatan Kota Bandung Meninggal Saat Mengawal Pemilu 2019

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved