Breaking News:

Penumpang Kapal di Batam akan Naik akibat Mahalnya Tiket Pesawat

Capt. Barlet mengatakan peningkatan ini sudah terlihat sejak awal Ramadan, dan diperkirakan menjelang hingga H-3 perayaan Idul Fitri

Tribunnews Batam, Hadi Maulana
Suasana padatnya penumpang dari Indonesia yang akan berpergian ke Singapur melalui Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre, Selasa (31/12/2013). 

TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Khusus Batam memprediksi lonjakan penumpang yang mudik Lebaran 2019 menggunakan kapal laut meningkat 7 persen dari tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan tingginya harga tiket pesawat, sehingga membuat pemudik beralih menggunakan kapal laut.

Kepala KSOP Kelas I Khusus Batam Capt. Barlet mengatakan peningkatan ini sudah terlihat sejak awal Ramadan, dan diperkirakan menjelang hingga H-3 perayaan Idul Fitri jumlah pemudik akan terus meningkat.

"Kami prediksikan di 2019 jumlah penumpang naik hingga 275.638 penumpang atau naik 7 persen dari tahun sebelumnya yang mencapai di angka 257.606 penumpang," kata Barlet, Kamis (16/5/2019).

Untuk masing-masing rute mudik, setiap terminal memiliki rute yang berbeda-beda. Ia mencontohkan terminal domestik Sekupang yang memiliki trayek mulai dari antar kabupaten hingga antar provinsi.

Seperti Batam-Tanjungbalai Karimun, Batam-Tanjungpinang, Batam-Tanjungbatu, Batam-Moro, dan Batam-Pulau Buruh.

Baca: Kemenhub Turunkan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat, Ini Kata YLKI

Sementara yang antar provinsi, yakni Batam-Selat Panjang, Batam-Sei Guntung, Batam-Bengkalis, Batam-Dumai dan Batam-Tembilahan.

Untuk terminal domestik Telaga Punggur, trayek yang tersedia lebih ke antar kabupaten yang ada di Kepulauan Riau seperti Batam-Tanjungpinang, Batam-Dabo, Batam-Tanjunguban, Batam-Lagoi/Lobam, Batam-Moro dan Batam-Lingga.

"Sedangkan untuk terminal Khusus Pelni Batu Ampar, trayeknya antar provinsi namun hanya ada dua trayek, Belawan Medan dan Tanjung Priok," jelas Barlet.

Terakhir terminal domestik Harbour Bay yang hanya melayani trayek Batam-Tanjungbalai Karimun.

Sementara untuk penumpang yang ingin mudik membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan terminal penyebrangan Ro-Ro Telaga Punggur dengan rute Batam-Tangjunguban, Batam-Tanjungbalai Karimun, dan Batam-Dabo Singkep Lingga. "Untuk trayek provinsinya, ada Batam-Kuala Tungkal dan Batam-Buton," pungkas Barlet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tiket Pesawat Mahal, Jumlah Penumpang Kapal di Batam Diprediksi Meningkat" 

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved