Dua Perampok Bermodus Sekap Korban Dibekuk, Satu Pelaku Ditembak

Di dua tempat itu, mereka bisa merampas lebih dari 10 unit ponsel milik korban. Barang berharga lain juga turut dicuri seperti televisi.

Dua Perampok Bermodus Sekap Korban Dibekuk, Satu Pelaku Ditembak
Tribun Jabar/Mega Nugraha
Kapolsek Kiaracondong Kompol Asep Saepudin dan dua tersangka perampok spesialis kamar kos 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Dua perampok nekat menyekap korbannya saat beraksi.

Keduanya bernama Robi Ferdiansyah (25) dan Mujib M Alip (24) terlibat dalam aksi garong di dua tempat di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung pada akhir April.

Di kedua tempat kos-kosan perempuan itu, mereka menggedor rumah saat situasi lingkungan sepi dan setelah pintu dibuka, mereka menodongkan senjata tajam pada pemilik rumah. Sebelum melancarkan aksinya, mereka mengintai dan memantau situasi.

Baca: Penyanyi Latin Gabriel Diniz Tewas dalam Kecelakaan Pesawat Saat Hendak Beri Kejutan Ultah

Baca: Fadli Zon Tegaskan Prabowo Ke Dubai Hanya untuk Urusan Bisnis

Baca: Robby Purba Banyak Belajar dari Para Keponakannya Demi Selami Dunia Anak-anak

Baca: Wiranto Beberkan Tujuan Rahasia Pelaku Rencana Pembunuhan Mengincar Dirinya dan Pejabat Lainnya

"Karena itu kos-kosan, saya minta semuanya berkumpul setelah itu ponselnya saya ambil. Kemudian ada yang tangannya saya ikat," ujar Robi, di Mapolsek Kiaracondong, Rabu (29/5).

Tidak sedikit ponsel yang mereka kumpulkan. Di dua tempat itu, mereka bisa merampas lebih dari 10 unit ponsel milik korban. Barang berharga lain juga turut dicuri seperti televisi.

"Selain dua tempat itu sudah di 13 tempat. Caranya sama, mengetuk rumah lalu menodong," ujar dia.

Aksi keduannya terhenti saat unit Reserse Polsek Kiaracondong menangkap keduanya di tempat berbeda di Kiaracondong pada Senin (27/5/2019). Saat hendak ditangkap, Mujib sempat berusaha melarikan diri.

"Pelaku berhasil diringkus di persembunyiannya kemarin malam. Kaki kanan Alip ditembak karena berusaha melawan dan kabur saat hendak ditangkap," kata Kapolsek Kiaracondong Kompol Asep Saepudin pada kesepatna yang sama.

‎Kapolsek menuturkan, modus operandi kedua tersangka terbilang nekat dan itu menandakan sudah sering melakukan perbuatan tersebut. "Mereka terbilang nekat dan tampak tenang setiap beraksi, menandakan mereka sudah sering dan terbukti dari pengakuan mereka sudah 13 kali beraksi," ujar Asep.

Kapolsek menuturkan, dari tangan tersangka Robi dan Alip, petugas menganankan barang bukti satu buah penutup wajah, dua bilah golok, sarung, satu unit TV LED merek Sanyo, gitar merek Yamaha, dan belasan unit telepon seluler .

"Tersangka Robi dan Alip merupakan spesiali perampok yang kerap menyatroni tempat kos. Mereka mengincar kontrakan yang dihuni perempuan," ujar Kapolsek. Saat beraksi, kedua tersangka berbagi peran. Mulai dari memantau situasi hingga eksekusi. Robi dan Alip terancam hukuman 9 tahun penjara karena dijerat Pasal 365 KUH Pidana. (Mega Nugraha)

 Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Dua Garong Spesialis Kos-kosan Disergap Polisi, yang Seorang Mau Kabur lalu Ditembak Kakinya

Editor: Hendra Gunawan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved